Menghilangkan Panu

Kebersihan tubuh merupakan penghulu kebersihan. Apabila Anda jarang mandi, bisa jadi tumbuh jamur alias panu. Panu yang tumbuh di area kulit terjadi karena kebersihan tubuh kurang terawat. Panu juga dapat terjadi karena lembabnya kulit akibat keringat. Penderita panu umumnya tidak merasakan keluhan serius kecuali gatal-gatal pada kulit jika jamur/panu sudah tumbuh lebat di kulit.

Panu dapat menular pada orang lain. Penularan panu biasanya melalui gesekan, berbagi pakaian dengan orang yang memiliki panu atau sabun mandi batang yang dipakai bersama-sama. Panu biasanya tumbuh di area leher, dada, punggung, wajah dan tangan.

Cara Menghilangkan Panu

1. Bawang putih

Bawang putih mengandung senyawa anti bakteri alami. Oleh karena itu bawang putih efektif untuk menghilangkan jamur penyebab panu secara cepat.

2. Lengkuas

Tidak hanya sebagai bumbu masak, lengkuas juga dapat menjadi obat panu yang ampuh. Caranya, pilih lengkuas yang memiliki kandungan air cukup banyak. Lalu tumbuk lengkuas. Oleskan air hasil tumbukan lengkuas pada area yang terkena panu.

3. Belimbing

Belimbing juga dapat mengobati panu secara alami. Caranya, tumbuh belimbing lalu saring airnya. Campur air tumbukan belimbing dengan kapur sirih. Oleskan pada kulit yang tumbuh jamur untuk menghilangkan panu. Sebaiknya cara ini dilakukan rutin dua kali sehari agar panu cepat hilang.

4. Belerang

Belerang juga bisa menjadi senjata ampuh untuk memberantas jamur yang tumbuh pada kulit. Tumbuk belerang sampai halus, campurkan air perasan jeruk nipis dan minyak kelapa secukupnya. Oleskan pada panu yang menempel di kulit.

Tinggalkan komentar