Menghilangkan Rasa Pahit Pada Pare

Siapapun tahu, pare memiliki rasa yang pahit. Rasa pahit buah pare disebabkan adanya kandungan zat quinine yang cukup tinggi. Tidak banyak orang yang mampu bersahabat dengan olahan pare. Meskipun sebenarnya pare memiliki banyak sekali kandungan gizi. Pare mengandung gizi berupa nutrisi esensial yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Di antara manfaat tersebut yaitu untuk menjaga kecantikan kulit, mencegah dan mengobati kanker, diabetes, malaria, hepatitis, bronchitis, dan HIV AIDS.

Untuk tetap dapat menikmati manfaat pare tanpa takut dengan rasa pahitnya, ada beberapa cara untuk mengatasinya. Uraian di bawah ini adalah tips untuk mengolah pare agar rasa pahit yang dimilikinya hilang.

1. Gunakan Garam

Cuci bersih terlebih dahulu buah pare. Lalu buang bijinya dan iris-iris tipis. Letakkan pare yang telah diiris tipis ke dalam baskom dan beri garam. Selanjutnya remas-remas tersebut supaya air yang terkandung dalam pare keluar. Terakhir, cuci bersih buah pare tersebut dengan air hangat dan tiriskan.

2. Gunakan Daun Biji Jambu

Pertama, buang biji pare. Lalu iris tipis pare tersebut. Rebus di dalam air mendidih bersama tujuh lembar daun jambu biji. Sebelum digunakan, remas daun jambu terlebih dahulu. Lakukan perebusan tersebut selama 4 menit. Selanjutnya, pare dapat diangkat dan tiriskan.

3. Gunakan Lempengan Tanah Liat

Caranya, panaskan air terlebih dahulu. Lalu masukkan potongan pare dengan lempengan tanah liat. Rebus hingga mendidih untuk kemudian angkat dan tiriskan.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar