Mengobati Panas Dalam

Panas dalam kerap menimpa siapapun baik orang dewasa, anak kecil, bayi, bahkan orang lansia. Apa lagi jika Anda orang yang suka makanan pedas, kurang minum, serta jarang makan buah-buahan.

Gejala yang timbul dari penyakit ini biasanya diawali dengan sulit untuk menelan makanan, bibir pecah-pecah, bau nafas tidak sedap sebab bau mulut ini datangnya dari lambung, tenggorokan terasa sakit dan kering, kadang terjadi demam yang mengakibatkan kondisi badan tidak enak.

CARA MENGOBATI PANAS DALAM

Anda dapat menggunakan obat herbal untuk mengobati sakit panas dalam. Selain bahannya mudah diperoleh, Anda juga akan mudah meramu dan menggunakannya. Berikut ulasannya.

1. Kelapa Hijau Muda

Caranya, campur 1 buah air kelapa dengan 3 sendok makan madu asli, minum sehari sekali saja.

2. Cuka Sari Apel Organik

Caranya, berkumurlah dengan menggunakan cuka sari apel. Cuka apel dianggap dapat membersihkan tenggorokan namun tidak sekeras jenis cuka lain.

3. Madu dan Perasan Lemon

Caranya, campurĀ  satu sendok minum madu murni dengan perasan lemon dalam air hangat . Cara ini dapat melapisi dan akan menenangkan iritasi pada tenggorokan.

4. Rambut Jagung Muda

Caranya, rebus segenggam rambut jagung dengan air, kemudian tambahkan sedikit jahe, dan gula batu, saring. Minum air hasil saringan tersebut sehari satu sekali. Minumlah ramuan ini hingga panas dalam Anda sembuh.

5. Kacang Hijau

Caranya, rebus dua genggam kacang hijau dengan air, kemudian tambahkan dua ruas jahe dan gula batu secukupnya, minum dua kali sehari. Terus minum sampai panas dalam Anda betul-betul hilang.

6. Telur Ayam Kampung

Caranya, campur telur ayam kampung dengan satu sendok madu dan sedikit sari kunyit, minum dengan sekali tegukan, dan jangan lupa istirahat yang cukup.

7. Air Garam

Berkumur dengan air garam atau larutan lain menjadi solusi lain untuk membantu mengurangi sakit tenggorokan disebabkan iritasi udara kering atau alergi yang disebabkan oleh panas dalam.

8. Kencur

Ambil kencur sebesar ibu jari lalu cuci bersih kencur kemudian parut sampai halus, beri sedikit air hangat dan madu kemudian diminum 2x sehari.

Demikian beberapa cara untuk mengobati panas dalam. Semoga infomasi ini bermanfaat.

Tinggalkan komentar