Mengobati Sakit Asam Urat

Asam urat adalah penyakit yang terjadi pada bagian persendian terutama sendi jari kaki, jari tangan, tumit, lutut, siku, dan pergelangan tangan. Bagian yang terkena asam urat tampak bengkak dan meradang.

Penyebab Asam Urat

Penyakit asam urat diakibatkan oleh konsumsi zat purin secara berlebihan. Dalam tubuh semua orang pasti terdapat zat purin yang diolah tubuh menjadi asam urat. Tetapi jika zat purin berlebih maka kadar asam urat dalam tubuh juga menjadi berlebihan. Hal ini mengakibatkan ginjal tidak akan mampu mengeluarkan zat tersebut, sehingga kristal asam urat menumpuk di persendian. Selanjutnya, sendi terasa nyeri, bengkak dan meradang.

Gejala Asam Urat

Timbulnya rasa sakit/ nyeri pada bagian persendian, atau terasa ngilu, bahkan tampak bengkak dan meradang (berwarna kemerahan). Biasanya rasa nyeri tersebut akan timbul dalam dua waktu yaitu malam hari dan pagi hari, saat anda bangun tidur. Rasa nyeri tersebut terjadi secara berulang-ulang dan menyerang bagian-bagian tubuh seperti, sendi jari kaki, jari tangan, tumit, dengkul, siku dan pergelangan tangan.

Cara mengobati penyakit Asam Urat

Anda dapat mencoba beberapa obat tradisional yang bisa Anda racik sendiri di rumah. Berikut ulasannya.

1. Perbanyak Mengonsumsi Air Putih

Jika tubuh Anda kurang cairan, maka pergkristala asam urat akan mudah terbentuk. Maka minumlah air putih minimal 8 – 10 gelas per hari. Tujuannya untuk mengencerkan urine sehingga dapat menghambat proses terbentuknya asam urat berlebih. Selain itu, minum air juga dapat memperbaiki fungsi ginjal dan mempermudah ginjal untuk membuang/mengeluarkan zat asam urat yang dihasilkan oleh zat purin

2. Kurangi Makanan Yang Tinggi Zat Purin

Jeroan, seafood, ekstrak daging (abon, dendeng), makanan yang sudah dikalengkan Kurangi mengkonsumsi makanan yang kaya akan zat purin misalnya, merupakan makanan yang kaya akan zat purin. Kurangi konsumsi makanan-makanan tersebut.

3. Perbanyak Makanan yang Bersifat Basa

Mengkonsumsi makanan yang bersifat basa (buah-buahan, sayuran segar, serta biji-bijian rendah lemak) dapat menetralkan asam tubuh (darah dan urin), dan hal tersebut akan membantu mempermudah ginjal dalam mengeluarkan asam urat.

4. Konsumsi Jus Buah Cerry

Minumlah jus buah cerry setiap hari secara rutin, tujuannya yaitu untuk membantu darah dan urine dalam mengimbangi sifat keasamannya. Selain itu, buah cerry juga kaya akan nutrisi dan kalium, sehingga dapat mengatasi rasa nyeri yang ditimbulkan oleh asam urat.

5. Konsumsi Jus Lemon

Mengonsumsi jus lemon, akan merangsang tubuh untuk membentuk / memproduksi kalsium kabonat yang berfungsi untuk menetralkan asam urat.

6. Perbanyak Konsumsi Vitamin C

Vitamin C dapat membantu mengurangi kadar asam urat dalam tubuh. Konsumsilah vitamin C 1000mg/jam pada awal serangan nyeri akibat asam urat. Setelah itu 500-300mg / hari sebagai langkah pencegahan.

7. Konsumsi Cuka Madu

Jika Anda belum tahu cuka madu, di beberapa tepat obat ini dikemas dalam produk obat kesehatan yang bernama propolis. Konsumsilah cuka madu setiap hari, tujuannya untuk memberikan suasana basa dalam tubuh yang berfungsi untuk menetralkan zat asam dalam tubuh. Selain itu cuka madu juga berfungsi untuk mempermudah ginjal dalam mengeluarkan asam urat dan menghancurkan kristal-kristal asam urat.

Seorang bijak berkata, “Ada banyak orang di dunia ini yang menghabiskan begitu banyak waktu mengawasi kesehatan mereka, namun tidak memiliki waktu untuk menikmatinya”. Jadilah orang-orang yang menikmati kesehatan dengan senantiasa melakukan pola hidup sehat. Semoga informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan komentar