Mengobati Sakit Mata Pada Bayi

Mata merupakan organ penting bagi setiap makhluk hidup. Mata berfungsi untuk mentransformasikan elemen pikiran ke dalam sisi visual. Ketika mata mengalami gangguan, maka akan sangat sulit untuk mengatasinya dan dapat berakibat fatal. Terutama apabila hal ini terjadi pada bayi. Saat masih bayi, sistem daya tahan tubuh manusia masih belum matang, sehingga virus dan bakteri akan dengan mudah masuk dan menyerang sistem kekebalan tubuh bayi.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat memicu timbulnya sakit mata pada bayi :

Mata bayi yang terkontaminasi bakteri dan virus, akibat kebiasaannya sering menyentuh daerah sekitar mata setelah berinteraksi dan menyentuh benda yang ada disekelilingnya yang berpotensi mengandung bakteri dan kuman.
Masuknya bakteri dan debu jalanan secara tidak sengaja.
Akibat paparan radiasi berlebih alat elektronik.
Kurangnya asupan vitamin A.

Bayi masih belum mengerti dan menyadari jika terjadi gangguan pada matanya, selain itu bayi masih belum bisa menjaga kesehatan matanya. Untuk itu, kecekatan dan pengawasan orangtua amat diperlukan, untuk mencegah dan mengatasi sakit mata yang mungkin timbul pada bayi.

Untuk menncegah sakit mata pada bayi, Anda dapat mengikuti saran berikut ini.
1. Perhatikan kebersihan mata bayi
Untuk mencegah dan mengatasi sakit mata bayi, sebaiknya orangtua harus senantiasa menjaga kebersihan mata bayi dari belekan yang biasanya kerap terjadi. Meskipun awalnya sedikit, namun bila dibiarkan, maka semkain lama belekan tersebut akan menjadi parah dan menghalangi penglihatan si bayi.

2. Waspadai penyumbatan saluran air mata pada bayi
Jika kondisi ini terjadi, maka segera lakukan pemijatan dibagian area lingkar mata bayi dan bagian batang hidungnya untuk kembali melancarkannya.

3. Hindarkan bayi dari kontak debu secara langsung
Langkah ini penting sekali diaplikasikan terutama ketika bayi diajak berpergian keluar rumah. Serangan debu yang kadang sulit diprediksi karena datangnya tiba-tiba perlu anda awasi. Hindarkan bayi dari kontak langsung debu dengan cara tutupi bagian wajah bayi dengan kain atau media lain yang bersih.

4. Jadilah lebih peka
Dalam hal ini, untuk dapat menghindarkan dari ancaman sakit mata adalah dengan lebih pekanya orangtua untuk mendeteksi ketika terjadi hal-hal kecil yang tidak normal pada mata bayi. Karena bagaimanapun mata merupakan organ penting yang menjamin masa depan bayi nantinya.

Apabila bayi Anda terlanjur sakit mata, terutama belekan, saran berikut dapat Anda ikuti.
Pertama, Usap air mata bayi dengan kain yang sangat lembut. Jangan menggunakan air hangat karena mata bayi sangat sensitive dan bisa mengalami iritasi. Kemudian, apabila mata bayi Anda masih terus mengeluarkan belek dan air mata, maka kompres dengan air hangat. Cara ini dimaksudkan agar belek dapat segera lengket dan terangkat melalui kapas hangat tersebut. Sebaiknya Anda tidak menggunakan obat pembersih mata karena bayi sangatlah sensitif.

Apabila kedua cara tersebut telah dilakukan dan bayi Anda masih mengalami gangguan mata selama 3 hari, maka bawa segera bayi Anda ke dokter mata. Konsultasikan penyakit bayi Anda dan mulai terapkan cara-cara yang direkomendasikan oleh dokter.

Itulah beberapa langkah mengatasi sakit mata pada bayi yang semoga membantu Anda. Selamat mencoba.

Tinggalkan komentar