Mengobati Sakit Mata

Penyakit mata terjadi karena dua kemungkinan. Pertama, infeksi dan iritasi yang disebabkan oleh virus. Kedua, adanya gangguan akibat polusi udara. Sakit mata yang terjadi akibat inveksi virus, dapat menular pada orang lain. Baik anak yang masih kecil hingga orang tua mempunyai peluang yang sama untuk terkena penyakit ini.

Pencegahan terhadap penyakit ini harus diprioritaskan, karena mata adalah organ terpenting bagi manusia sehingga diperlukan perawatan yang baik. Sejatinya, sakit mata tidak mudah menular hanya dengan saling memandang saja. Penularan penyakit mata terjadi apabila ada kontak langsung dengan cairan mata orang yang terkena sakit mata atau bahkan cairan tubuh dari orang yang sedang mengalami sakit mata akibat virus. Berikut ini beberapa cara mengobati sakit mata.

1. Menggunakan buah delima

Buah delima dapat digunakan sebagai obat sakit mata. Caranya, haluskan buah delima kemudian perasan airnya bisa diminum sebagai obat herbal dari dalam.

2. Menggunakan daun melati

Daun melati juga bisa membantu proses penyembuhan sakit mata. Caranya dengan mengambil satu genggam daun melati, tumbuk halus, kemudian tempelkan pada dahi. Bila sudah mengering ganti dengan yang baru. Ulangi sampai sembuh.

3. Menggunakan bawang putih

Selain untuk bumbu masakan, bawang putih juga bisa untuk mengobati sakit mata Anda. Caranya, basuh muka dengan air yang bersih hingga mata terbebas dari kotoran-kotoran kemudian keringkan dengan menggunakan handuk bersih. Ambil satu siung bawang putih yang telah di cuci bersih. Potong bagian ujung bawang sedikit. Gosokkan secara perlahan ujung bawang putih yang telah di potong tadi sejajar dengan akar bulu mata. Jangan digosokkan di bagian kelopak atas, sebaiknya gosokkan saja di bagian kelopak mata bawah. Tunggu beberapa saat hingga menimbulkan rasa perih, geli, bahkan gatal hingga membuat kepala seolah-olah bergoyang. Tahan, jangan langsung di cuci. Ulangi lagi langkah diatas dengan beberapa kali, agar bisa memberikan hasil maksimal.

4. Menggunakan daun sirih

Daun sirih merupakan antiseptic yang sangat mujarab membersihkan lendir-lendir di dalam mata. Caranya siapkan lima lembar daun sirih segar. Masaklah air cukup untuk sepiring atau lebih kurang 600cc air bersih, sambil menunggu air mendidih, cuci bersih daun sirih dan remas-remas atau hancurkan daun sirih di atas piring (sebaiknya Anda gunakan piring porselain), hal ini untuk mengeluarkan getah dan zat antiseptic daun sirih dan untuk mengetahui seberapa banyak kotoran pada mata Anda.

Setelah air mendidih tuangkan ke dalam piring yang sudah berisi remasan daun sirih tadi. Tunggu hingga air sampai dingin kemudian saring airnya. Langkah berikutnya rendamlah mata Anda yang sakit atau kemasukan debu pada piring yang berisi air sirih yang telah disaring, sambil di rendam lakukan gerakan buka dan tutup mata Anda dalam air sirih tersebut, lakukan ini lebih kurang 2 menit utuk setiap bagian mata. kemudian ulangi lagi sampai Anda merasakan bahwa debu sudah bersih dari mata Anda. Namun jika anda mengalami sakit mata lakukan secara rutin 3 hari berturut-turut

Selamat mencoba. Semoga sakit mata Anda lekas sembuh.

Tinggalkan komentar