Mengolah Buah Mengkudu

Buah mengkudu mengandung banyak khasiat bagi kesehatan. Akan tetapi, aroma buah mengkudu yang kurang sedap sering membuat banyak orang enggan untuk mengkonsumsinya. Agar khasiat mengkudu tidak terbuang percuma, Anda harus mengetahui beberapa cara mengolah mengkudu berikut supaya lebih enak untuk dikonsumsi.

Jus Mengkudu

Apabila Anda mengolah mengkudu dengan benar, maka jus yang dihasilkan dapat terasa lebih nikmat. Berikut tipsnya:

  1. Siapkan 2-3 buah mengkudu setengah matang, sebab buah mengkudu yang sudah sangat matang mengeluarkan bau yang menyengat. Pilih buah yang sudah berwarna kekuningan tetapi belum terlalu matang, lalu cuci bersih.
  2. Buang semua biji buah mengkudu supaya lebih mudah hancur saat diblender.
  3. Masukkan ke dalam blender dan tambahkan sedikit air matang.
  4. Tambahkan madu atau sirup dengan rasa buah agar jus menjadi lebih nikmat dan segar, kemudian blender hingga buah mengkudu benar – benar cair.
  5. Saring jus yang dihasilkan, tambahkan es batu secukupnya jika suka.
    Minum segera selagi jus masih segar dan nikmat.

Mengolah Mengkudu Tanpa Blender

Apabila Anda tidak menyukai jus atau tidak memiliki blender untuk membuat jus mengkudu, olah mengkudu dengan cara-cara sederhana sebagai berikut.

  1. Siapkan 2 buah mengkudu yang sudah matang. Potong menjadi empat bagian, lalu diperas hingga semua airnya keluar, tambahkan satu sendok makan madu pada sari mengkudu dan aduk rata. Sari mengkudu akan terasa lebih nikmat untuk dikonsumsi dan ramuan ini berkhasiat untuk mengobati penyakit darah tinggi.
  2. Siapkan 1 buah mengkudu. Rebus dengan 2 gelas air dan dibiarkan menyusut hingga tersisa 1 gelas air. Untuk mengobati influenza, Anda dapat mencampurnya dengan seruas jari kencur saat perebusan. Untuk mengobati batuk, campurkan setengah genggam daun poo atau daun bujanggut saat perebusan. Ramuan ini dapat diminum sebanyak dua kali dalam sehari.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar