Mengolah Mahkota Dewa

Buahnya berwarna merah saat matang dan ukurannya tak lebih besar dari bola kasti, mahkota dewa namanya. Tanaman ini berkhasiat sebagai anti-radang, anti-oksidan, penurun panas, penghilang rasa sakit, penurun kolesterol dan masih banyak lagi. Untuk mendapatkan khasiat dari tanaman ini, penting bagi Anda untuk mengetahui cara mengolahnya yang benar. Ini dia caranya.

Bagian Buah

Buah mahkota dewa terdiri dari kulit buah, daging buah, cangkang biji buah dan biji buah. Hindari biji buah karena cukup beracun. Cara mengolah adalah sebagai berikut.

1. Potong daging buah mahkota dewa yang segar menjadi bagian yang lebih kecil.

2. Keringkan potongan daging buah mahkota dewa.

3. Rebus potongan daging buah mahkota dewa yang sudah kering.

4. Selanjutnya, Anda dapat mengkonsumsi air hasil rebusan itu.

Diabetes, rematik, kanker payudara, kanker rahim, asam urat, hepatitis, dan disentri adalah beberapa penyakit yang dapat diobati dengan buah mahkota dewa. Jika Anda menghendaki kepraktisan, saat ini telah banyak produk teh buah mahkota dewa yang dijual di pasaran. Anda cukup menyeduhnya dengan air panas saja.

Bagian Batang

Batang mahkota dewa memiliki bentuk fisit bulat dengan permukaan kasar, warnanya coklat dan berkayu, memiliki sistem percabangan simpodial (arah cabang tegak atau miring, cenderung tumbuh lurus dan memanjang). Bagian batang ini bergetah dan dipercaya bisa menyembuhkan penyakit serius seperti kangker tulang. Cara mengolahnya adalah sebagai berikut.

1. Kuliti batang mahkota dewa.

2. Keringkan batang mahkota dewa yang sudah dikuliti.

3. Rebus batang mahkota dewa yang sudah kering.

4. Berikutnya, Anda dapat mengkonsumsi air rebusan itu sebagai obat.

Bagian Daun

Daun mahkota dewa diyakini dapay mengobati penyakit eksim, disentri, alergi, tumor dan masih banyak lagi. Cara mengolahnya tergantung pada jenis penyakit yang hendak Anda obati. Misalnya eksim, cukup lumatkan daun mahkota dewa kemudian balurkan pada kulit yang terkena eksim sebanyak dua kali sehari. Sedangkan pada penyakit lain seperti disentri, alergi dan tumor, cukup rebus daunnya dan minum air hasil rebusan itu.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar