Mengusir Lalat Buah

Kebiasaan dalam mengkonsumsi dan menyimpan buah-buahan segar merupakan kebiasaan yang baik bagi kesehatan. Akan tetapi, bisa jadi masih saja ada hal-hal yang mengganggu. Lalat buah, misalnya. Lalat buah biasanya datang karena terpancing oleh buah-buahan segar yang Anda simpan. Untuk mengusir lalat buah, Anda tidak bisa menggunakan bahan-bahan kimia sebab hal ini akan mempengaruhi kebersihan dan kesehatan makanan Anda. Sebaiknya, lakukan hal-hal berikut ini untuk mengusirnya.

1. Rajin Buang Sampah

Rumah yang sehat, memiliki tempat sampah di dapur yang berbeda dengan tempat sampah yang ada di luar rumah. Namun, jika tempat sampah dibiarkan hingga penuh justru menjadi sarang kuman dan menarik minat serangga seperti lalat buah. Rajinlah membuang sampah kompos yang ada di tempat sampah dalam rumah Anda. Kosongkan tempat sampah setiap hari. Juga, rajinlah juga mencuci tempat sampah dan mengeringkannya setiap dua hari sekali.

2. Bersihkan Dapur

Sebaiknya, pastikan dapur Anda bersih. Bersihkan dapur atau tempat manapun yang digunakan untuk menyajikan makanan. Pastikan juga tidak ada makanan tersisa atau tempat yang bisa dihuni oleh lalat buah.

3. Jebakan Cuka

Usir lalat buah dengan jebakan cuka. Caranya, letakkan cuka sari apel pada gelas yang tinggi. Lalu campurkan dengan beberapa tetes cairan pencuci piring. Selanjutnya, tutup bagian atas gelas dengan plastik dan beri beberapa lubang kecil. Lalat buah akan tertarik dengan cuka yang kuat dan mereka dapat masuk ke dalam gelas melalui lubang yang Anda buat. Dengan demikian, lalat buah akan terjebak di dalam gelas. Anda juga dapat mengganti plastik dengan kertas yang berbentuk kerucut supaya lalat bisa masuk tetapi taidk bisa keluar.

4. Menangkap Lalat Buah

Caranya, letakkan beberapa potong buah pada 1 tempat makan. Saat lalat buah berdatangan, segera tutup tempat tersebut. Lalat buah adalah hewan yang lambat, bila Anda bergerak cepat, lalat buah dapat Anda tangkap semua.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar