in

Alasan Mahasiswa Tidak Ingin Menikah Saat Kuliah

alasan mahasiswa tidak menikah saat kuliah
www.youthmanual.com

Menikah merupakan sebuah proses yang sangat kompleks  dengan melibatkan fisik, pikiran, mental, dan keberanian untuk menempuh kehidupan yang jauh berbeda dari sebelumnya.

Namun di jaman sekarang, menikah muda masih menjadi suatu hal yang tabu dan asing apalagi dikalangan mahasiswa. Banyak hal yang akan terjadi ketika seseorang sudah menikah, seperti tanggung jawab yang semakin besar. Namun tidak hanya itu saja yang menyebabkan para mahasiswa takut menikah saat mereka masih kuliah.

Berikut beberapa alasan yang menyebabkan para mahasiswa lebih memilih untuk tidak menikah saat kuliah.

Kuliah Lebih Penting

alasan mahasiswa tidak menikah saat kuliah
news.okezone.com

Kebanyakan mahasiswa pasti akan berpikiran hal yang sama, yaitu kesibukan kuliah itu meropatkan. Baik dari jadwal kuliah yang padat, aktivitas organisasi, tugas yang menumpuk, praktikum, dan lain sebagainya.

Bisa dibayangkan dengan kesibukan kuliah harus ditambah dengan mengurus pekerjaan rumah tangga hingga harus menyelesaikan masalah yang timbul di antara suami istri dan belum lagi jika anak sudah lahir. Bayangan-bayangan tentang hal itu sudah pasti sangat mengerikan, betapa merepotkannya mengurus rumah tangga sambil kuliah.

Dengan begitu banyak mahasiswa yang akhirnya memilih lebih fokus kuliah untuk mengejar cita-cita dan karir, daripada mengurus rumah tangga yang kemungkinan akan menyebabkan terlantarnya perkuliahan.

Tidak Mendapat Izin Orangtua

alasan mahasiswa tidak menikah saat kuliah
ranzet.com

Di jaman sekarang, sedikit orang tua yang akan dengan rela untuk memberikan izin anaknya untuk menikah apalagi masih dalam status mahasiswa. Mereka beranggapan bahwa percuma saja kuliah dengan biaya mahal-mahal kalau nanti kuliahnya akan terbengkalai.

Terkadang orangtua melarang anaknya menikah bukan karena tidak merestuhi hubungan cinta anaknya, namun mereka memiliki pertimbangan lain yang menurut mereka lebih baik untuk anaknya.

Tanggung Jawab yang Lebih Besar

alasan mahasiswa tidak menikah saat kuliah
diarypernikahan.com

Ketika menikah sudah tentu akan memiliki tanggung jawab yang jauh lebih besar terhadap pasangan dan anaknya nanti, apalagi bagi pria. Karena tidak hanya kebutuhan materi yang harus dipenuhi, tapi banyak kebutuhan lainnya seperti rasa aman fisik dan psikis.

Ketika masih menjadi mahasiswa, tanggung jawab hanya kepada orang tua dan diri sendiri dalam menyelesaikan apa yang diinginkan. Namun ketika sudah menikah akan lebih banyak lagi tanggung jawab yang akan dipikul, bukan hanya diri sendiri namun juga pasangan dan anaknya.

Belum Siap Secara Finansial

alasan mahasiswa tidak menikah saat kuliah
www.dakwatuna.com

Mungkin ini merupakan salah satu hal penting yang sangat mempengaruhi mengapa kebanyakan mahasiswa tidak ingin menikah saat kuliah. Tidak dipungkiri banyak dari mahasiswa yang masih bergantung pada biaya dari orang tua, meskipun tidak jarang mahasiswa yang sudah bekerja saat kuliah. Dengan biaya kuliah yang mahal, pasti akan sangat berat jika harus menafkahi keluarga.

Apalagi bagi mahasiswa yang sepenuhnya bergantung pada biaya dari orang tua, dia bahkan belum siap secara financial sehingga nanti bisa menjadi beban orang tua.

Demikian beberapa hal atau pendapat dari kebanyakan mahasiswa yang tidak ingin menikah saat masih kuliah. Beberapa hal tersebut hanyalah pendapat dari kebanyakan mahasiswa yang memang tidak ingin menikah di usia muda/kuliah. Padahal sebenarnya, banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan saat seseorang menikah muda atau mahasiswa menikah sambil kuliah. Namun, menikah muda atau menikah sambil kuliah adalah pilihan dari masing-masing mahasiswa.

Semoga bermanfaat.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Written by Muhammad Nashrul Aziz

Insyaallah Single Soleh :-)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Penemu Email

Ray Tomlinson, Penemu Email

Arti Tunas Kelapa Bagi Pramuka