Meningkatkan Daya Ingat

Daya ingat yang tinggi memberikan banyak manfaat bagi orang yang memilikinya. Jika Anda merasa tidak memilikinya, tenang saja. Ada banyak cara meningkatkan daya ingat. Menambah daya ingat dapat dilakukan melalui latihan otak kanan misalnya brain gym. Anda juga dapat mengkonsumsi makanan-makanan yang dapat menambah daya ingat. Berikut ini daftar makanan yang berguna untuk meningkatkan daya ingat dan dapat merangsang pertumbuhan sel-sel otak.

Salmon

Salmon yang sejenis ikan laut dari famili Salmonidae ini merupakan sumber terbaik asam lemak omega-3, DHA dan EPA yang memiliki manfaat bagi pertumbuhan fungsi otak.

Telur

Telur merupakan sumber protein yang murah meriah. Bagian kuning telur memiliki kandungan kolin yang sangat padat. Zat kolin berfungsi dapat membantu perkembangan memori atau daya ingat.

Berry

Buah-buahan seperti strawberry, cherry, blueberriy dan blackberry mengandung antioksidan dengan kadar tinggi dan dikenal bermanfaat untuk mencegah kanker. Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi ekstrak blueberry dan strawberry akan mengalami perbaikian dalam fungsi daya ingatnya.

Kacang-kacangan

Kacang memiliki energi yang berasal dari protein serta karbohidrat kompleks. Kacang juga kaya akan kandungan serat, vitamin dan mineral. Kacang dapat mempertahankan kemampuan berpikir dan energi sehingga baik untuk kerja otak.

Sayuran Berwarna

Sayuran seperti tomat, wortel, labu, ubi jalar merah, bayam merupakan sayuran sumber antioksidan dan kaya nutrisi. Mengkonsumsi sayur-sayuran akan membuat sel-sel otak Anda semakin kuat dan sehat.

Susu dan Yogurt

Susu dan yogurt mengandung protein dan vitamin B tinggi yang penting untuk pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter dan enzim. Susu dan yogurt juga bisa membuat perut kenyang karena kandungan protein dan karbohidratnya sekaligus menjadi sumber energi bagi otak.

Daging Sapi Tanpa Lemak

Daging sapi tanpa lemak mengandung banyak zat besi. Anda hanya perlu mengonsumsi 1 ons daging sapi tanpa lemak per hari. Tubuh Anda akan terbantu dalam penyerapan zat besi dalam darah. Daging sapi tanpa lemak juga mengandung mineral seng yang dapat bermanfaat membantu dalam memelihara daya ingat.

Untuk meningkatkan daya ingat, selain dengan mengkonsumsi makanan sehat diatas, tentunya Anda harus sering-sering olahraga agar stamina tetap terjaga. Seperti kata Rene Scartes, tidak cukup hanya punya otak yang baik tetapi yang penting adalah menggunakannya dengan baik. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Tinggalkan komentar