5 Hal yang Bisa Membuat Kamu Sangat Bahagia Jika Memilih Menjadi Relawan

Kebahagiaan adalah salah satu hal yang dicari oleh manusia selama hidupnya. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kebahagiaan adalah dengan menjadi relawan.

Banyak orang sukses yang kemudian mengabdikan diri menjadi relawan. Kenapa? Karena ada kebahagiaan tersendiri jika kamu menjadi relawan yang mungkin tidak bisa kamu dapatkan meskipun bergelimangan harta.

Jika kamu masih enggan mengabdikan diri dengan menjadi relawan, simak beberapa hal yang bisa memacu semangat kamu menjadi seorang relawan. Berikut ini 5 hal yang membuat relawan sangat bahagia.

 

Merasa Hidup Ini Bermanfaat

rri.co.id

“Sebaik-baik manusia adalah orang yang paling bermanfaat bagi manusia.” (HR. Ahmad, Thabrani, Daruqutni). Jika kamu ingin menjadi manusia versi ‘terbaik’ menurut-Nya, maka jangan sungkan untuk berbuat baik dan bermanfaat untuk orang lain.

Orang-orang yang menggunakan waktu, uang dan tenaganya untuk orang lain akan lebih membahagiakan dibanding untuk kepentingan sendiri. Maka dari itu sedekah memiliki keajaiban luar biasa.

Sedekah tidak harus melulu menggunakan harta, tapi juga pikiran, waktu dan tenaga. Jangan bersedih hati jika kamu belum bisa menyedekahkan harta. Tapi  jangan sungkan menyedekahkan waktu dan tenaga untuk jadi relawan.

 

Bertemu dengan Banyak Inspirator

dakwatuna.com

Jika kamu menjadi relawan, kamu akan menemui banyak inspirator. Sebab bekerja dengan sesama relawan, berarti kamu sedang bekerja dengan orang-orang hebat dengan segudang inspirasi.

Kalau kata Bapak Anies Baswedan, “Relawan tak dibayar bukan berarti tak bernilai, akan tetapi tak ternilai”. Jika kamu menjadi seorang relawan saja, sudah sungguh-sungguh, apalagi jika kamu jadi seorang professional yang pasti sangat inspiratif.

Belum lagi inspirasi yang kamu dapatkan dari orang-orang yang kamu bantu. Terkadang kamu akan menemui guru-guru kehidupan yang sesungguhnya. Sebab dari orang yang kamu tolong, kamu bisa dapat pelajaran berharga berupa hikmah nikmat dan cobaan.

 

Punya Banyak Teman

relawannusantara.org

Pasti kamu sering mendengar perumpamaan, “Jika kamu bergaul dengan penjual minyak wangi, ikut wangi pulalah kamu”. Sama halnya jika kamu berteman dengan relawan, kamu tak sekedar punya banyak teman, namun jika masuk di lingkaran pertemanan yang penuh kebaikan.

Punya banyak teman yang membuat kamu masuk ke lingkaran kebaikan adalah suatu kebahagiaan tersendiri. Sebab di lingkaran itu juga kamu akan dipertemukan dengan orang – orang baik lainnya yang bisa menjadi teman kamu.

 

Belajar Ikhlas

rri.co.id

Ikhlas  merupakan ilmu yang paling sulit diterapkan di kehidupan sehari-hari. Nah kalau kamu ingin belajar mengasah keikhlasanmu, kamu bisa mengikuti kegiatan kerelawanan.  Sebab seorang relawan adalah orang yang melakukan suatu kebaikan tanpa mengharap imbalan.

Kamu akan belajar untuk lebih banyak bersyukur karena kamu bisa menolong orang yang membutuhkan. Selain itu kamu bisa belajar berbesar hati dan mengubah pola pikir. Beberapa hal tersebut yang akan membuat kamu bisa belajar menjadi pribadi yang ikhlas.

Ikhlas bukan hanya tentang menerima apapun saja yang kita dapatkan, namun juga sabar terhadap usaha apapun saja yang harus kita lakukan. Jadi, kalau kamu masih mengira bahwa orang ikhlas selalu menderita, kamu salah besar.

Justru dalam setiap titik dan detik perjuangan orang – orang yang ikhlas itu selalu ada kebahagiaan yang membuncah. Ikhlas itu membahagiakan dan menentramkan hati.

 

Meningkatkan Hormon Kebahagiaan

happinessplunge.com

Tahu nggak kalau tubuh manusia memproduksi hingga 20 hormon kebahagiaan? Nah salah satunya adalah hormon endorfin. Hormon endorfin memiliki efek  6 kali lebih kuat  dari morfin, sehingga bisa memacu semangat dan daya tahan tubuh.

Salah satu kegiatan yang memacu hormon kebahagiaan adalah berbuat kebaikan untuk orang lain.  Sebab orang yang bisa berbuat kebaikan untuk meringankan beban orang lain dapat merasa sangat bahagia. Jadi, kalau kamu mau memacu meningkatkan hormon tersebut jadilah relawan.

Selamat berbahagia dengan mengabdikan dirimu sebagai relawan!

Tinggalkan komentar