Menjaga Kesehatan Jantung, Dimulai dari Diri Sendiri

Jantung merupakan organ yang sangat penting bagi manusia. Bahkan dalam penggunaan bahasa Indonesia, kita mengenal jantung kota untuk menyebut hutan karena begitu pentingnya fungsi jantung dan hutan. Dalam tubuh manusia, jantung bertugas memompa darah ke paru-paru dan ke seluruh tubuh.

Cara Menjaga Kesehatan Jantung

Agar jantung tetap sehat, cobalah beberapa cara berikut ini.

1. Tidur yang cukup

Apabila seseorang tidur di bawah enam jam, tubuhnya beresiko memiliki banyak protein C-reactive yang berkaitan dengan penyakit jantung. Idealnya, orang dewasa tidur selama 6-8 jam sehari. Namun jika aktivitas terlalu padat, setidaknya luangkan waktu untuk tidur selama 5 jam.

2. Buang jauh rasa malas untuk olahraga

Olahraga dapat membuat tekanan yang teratur dan jantung akan berdetak dengan normal. Lakukan saja olahraga ringan, tetapi rutin setiap hari.

3. Konsumsi sayur

Sayuran yang kaya serat dan vitamin sangat penting bagi jantung. Jangan tinggalkan olahan sayur pada menu makan harian Anda.

4. Konsumsi buah

Buah pepaya dan jeruk kaya akan vitamin C yang baik untuk tubuh. Buah melon juga memiliki vitamin C, potasium, dan antioksidan karotenoid. Buah-buahan ini baik bagi kesehatan jantung.

5. Banyak minum air putih

Apabila Anda banyak meminum air putih makan resiko serangan jantung akan berkurang 41%. Air putih memang rajanya obat bagi kesehatan manusia.

Semoga bermanfaat.

Photo by Anna Remus

Tinggalkan komentar