Menjaga Kesehatan Mata

Seringkali orang lupa menjaga kesehatan mata. Tanpa sadar, mereka telah berjam-jam menatapi layar televisi maupun gadget. Terkadang, membaca buku terlalu dekat dengan mata atau membaca buku sambil tiduran. Barulah saat pandangan kabur secara tiba-tiba, pemakaian kaca mata tidak terhindarkan.

Mata merupakan salah satu dari lima indera paling penting dalam tubuh manusia. Tanpa mata, siapapun tidak dapat melihat keelokan dunia dan wajah orang-orang terdekat. Tak dapat dipungkiri, perlahan-lahan daya penglihatan manusia akan pudar seiring bertambahnya usia. Namun, hal itu bukan menjadi alasan untuk tidak menjaga kesehatan mata. Sebaliknya, perlu dilakukan perawatan kesehatan mata agar di hari tua kelak Anda tidak terlalu kesulitan mengenali seseorang. Berikut adalah beberapa cara untuk menjaga kesehatan mata.

1. Perbanyak Makan Buah dan Sayur

Ada banyak kebaikan yang akan Anda dapatkan jika mengkonsumsi banyak buah dan sayur, termasuk baik untuk kesehatan mata. Brokoli, bayam, kubis, tomat, bawang putih, dan wortel adalah jenis sayur yang baik untuk mata. Strawberry, pisang, jeruk, dan mangga adalah jenis buah yang baik untuk mata. Pastikan Anda memenuhi kebutuhan asupan buah dan sayur tersebut.

2. Hindari Pemakaian Lensa Kontak Lebih dari 19 Jam

Apabila Anda memakai lensa kontak lebih dari 19 jam, hal itu akan menyebabkan kerusakan mata permanen serta ketidaknyamanan pada mata. Begitu pula dengan kacamata, jangan terlalu lama memakainya.

3. Kurangi Pemakaian Tetes Mata

Memang tidak ada salahnya Anda memakai tetes mata ketika mata merah. Namun, tidak perlu berlebihan dalam menggunakannya. Penggunaan tetes mata yang berlebihan, dapat merusak kesehatan mata.

4. Kompres Kelopak Mata dengan Mentimun

Mentimun yang dingin dan lembut akan mencegah mata bengkak. Lakukan kompres kelopak mata sebelum tidur malam. Caranya cukup iris mentimun dan letakkan di atas kelopak mata selama 10 menit.

5. Gunakan Kacamata Hitam Pelindung UV

Sebaiknya gunakan lensa yang terpolarisasi, bukan hanya lensa yang gelap. Kacamata hitam pelindung UV berguna untuk melawan paparan dari sinar matahari.

6. Kurangi Duduk Terlalu Lama di Depan Komputer

Jika Anda menghabiskan terlalu banyak waktu di depan layar komputer, hal itu akan membuat mata lelah. Jika terpaksa berlama-lama di depan layar komputer, atur jarak mata Anda agar tidak terlalu dekat dengan layar komputer.

7. Lihat Kondisi dan Kenakan Kacamata Pada Saat yang Tepat

Ketika bekerja di sekitar bahan kimia atau berada di tempat dengan partikel udara yang berbahaya, pastikan Anda memakai kacamata. Jika tidak ada kacamata, Anda dapat memakai pelindung mata lainnya.

8. Hindari Membaca dalam Cahaya Redup

Kegiatan membaca dalam cahaya redup dapat menyebabkan ketegangan mata. Sebaiknya Anda tidak memaksa diri membaca buku meskipun listrik padam.

9. Hindari Melihat Langsung cahaya yang Sangat Terang

Seperti halnya cahaya redup, cahaya terang juga tida baik untuk kesehatan mata. Anda tidak diperkenankan melihat langsung pada sinar matahari, karena dapat merusak mata.

10. Melatih Mata dan Membuatnya Bersantai

Lakukan latihan sederhana berikut untuk membuat mata Anda merasa santai. Ajak mata Anda fokus pada suatu obyek yang dekat, juga sebuah obyek yang agak jauh. Ulangi proses tersebut beberapa kali. Atau duduklah dengan menempatkan siku di pinggul, lalu tutup mata. Tutup kembali mata Anda dengan telapak tangan. Jauhkan telapak tangan yang menutupi mata Anda selama 10 detik. Buka mata Anda dan ulangi seperlunya.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar