Menu Sarapan Hemat, Praktis Dan Kenyang Ala Anak Kost

Anak kuliahan biasanya adalah perantau yang jauh dari rumah  dan tinggal di asrama atau kost-kost’an. Merekalah yang kemudian disebut anak kost. Lika-liku kehidupan anak kost sangat menyedihkan sekaligus menyenangkan. Mulai dari makan seadanya sampai hutang sana-sini, tinggal di kost-kostan emang selalu unik dan menarik untuk dibicarakan.

Kehidupan yang kental dengan istilah kere ini memang perlu perencanaan matang, supaya tidak timbul kekhilafan dalam pengeluaran, disinilah, kekuatan dan keteguhan kita sebagai perantau diuji.

Pengalaman tinggal di kost banyak sekali mengajarkan pada diri kita tentang hidup mandiri. Karena kita jauh dari orangtua, Belum lagi untuk urusan makanan. Sering jajan malah buat kantong jadi tipis. Apalagi, kalau sudah menjelang ‘tanggal tua’ yang mengharuskan anak kost untuk Puasa. Solusinya adalah dengan masak sendiri, lebih hemat, praktis, dan kenyang.

 

1

Mie Instant

antare5.blogspot

Kehidupan anak kos yang sederhana tak bisa dipisahkan dengan yang namanya mie instant. Mie instant ini dinilai memberi peran yang cukup banyak terhadap keberlangsungan hidup para anak perantau ini. Karena selain harganya murah proses pembuatannya pun cukup mudah dan tidak ribet. Hanya saja jaminan kesehatan masih diragukan kalau terlalu banyak mengkonsumsinya, karena bagaimanpun juga apapun yang dikonsumsi dengan berlebihan pasti akan menimbulkan efek kurang baik bagi penggunanya atau pengkonsumsinya.

2

Roti bakar ala anak kost

www.brilio.net

Jika stock persediaan makananmu sudah habis dan uangpun sudah habis biasanya anak kost akan membeli sesuatu yang murah yaitu roti. Sarapan roti tawar dengan mentega dan coklat tabur, sudah hal biasa bagi anak kost. Bahkan mereka tidak membutuhkan alat pemanggang untuk membuat roti bakar. Hanya dengan bermodalkan setlika baju pun roti bakar ala anak kost akan terasa nikmat.

3

Nasi

health.liputan6.com

makanan untuk anak kost di saat uang di dompetmu benar-benar tipis. kamu bisa memasak nasi di rumah kostmu dan di kreasikan menjadi nasi goreng atau bahkan jika tidak ada bumbu untuk memasak nasi goreng, kamu bisa memakan nasi dengan sesuatu yang ada di sekitarmu agar kita bisa tetap bertahan di kost.

4

Telur dadar

www.duniainter.net

Salah satu makanan yang tidak kalah populer dengan mie instant adalah telur dadar. Banyak cara untuk mengolah telur hingga menjadikannya makanan yang lezat dan kaya gizi. Cara membuatnya juga cukup mudah, campurkan sedikit garam ke dalam telur dan kocok lepas hingga merata, lalu goreng hingga matang.

5

Telur rebus

bisikan.com

Selain telur dadar, telur rebus juga menjadi andalan karena cara buatnya yang begitu simple tanpa harus bersusah payah. Cukup satukan ketika menanak nasi, maka pasangan makanan yaitu nasi dan telur rebus siap untuk dimakan.

6

Abon sapi

abonasli.com

Makanan untuk anak kost yang berikutnya adalah sebuah makanan yang mempunyai rasa yang sangat enak dan gurih. Hal ini karena makanan ini mempunyai bahan dasar daging yang sangat populer untuk di masak yakni abon sapi. Kenapa abon sapi sangat cocok untuk teman-teman yang sedang kost Karena dengan makan nasi putih yang di campur dengan abon sapi saja, rasanya sudah cukup enak. Dan tentu saja sangat murah jika di bandingkan dengan lauk yang lainnya.

7

‘Rumah’

koswismaanggrek.blogspot

Terakhir kalau itu semua sudah tidak dapat kita lakukan karena kanker (kantong kering) yang terjadi di akhir bulan, biasanya kita akan menggunakan jurus terakhir yaitu ‘rumah’, apa itu? “makan di rumah teman, makan di rumah saudara dan hutang di rumah makan adalah menjadi jurus terakhir kita agar dapat bertahan hidup di perantauan”.

Tinggalkan komentar