Menu Makan yang Sehat untuk Sahur di Bulan Ramadhan

Ketika di bulan puasa atau nama lain bulan ramadhan tidak luput dengan namanya sahur dan berbuka. Dan ketika membahas sahur dan buka puasa, pasti makanan-makanan yang dibahas.

Tentu makanan yang dikonsumsi oleh kamu tidak asal terlihat enak dan banyak, melainkan apakah makanan itu sehat bagi tubuh kamu nantinya ketika berpuasa.

Karena pola makan dan makanan-makanan yang dikonsumsi oleh kamu mungkin kurang sehat dan berlebihan yang menyebabkan ketika berpuasa malah menyebabkan letih dan mudah mengantuk.

LAINNYAFenomena Penanda Datangnya Bulan Ramadhan

Oleh karena itu dalam konten ini membahas beberapa tips buat kamu makanan yang sehat untuk sahur di bulan ramadhan.

1. Minum segelas air putih atau kalo bisa lebih dari segelas karena ketika aktivitas tubuh  memerlukan cairan yang ketika tubuh kekurangan cairan itu tidak baik untuk tubuh dan akan merasa lebih cepat letih atau dehidrasi.

2. Ketika sebelum makan, dianjurkan memakan buah terlebih dahulu. Karena kandungan dalam buah, mengandung elektrolit yang dapat memberikan kesegaran pada tubuh kita saat beraktivitas.

nuripurwanti.blog.upi.edu
nuripurwanti.blog.upi.edu

3. Setelah memakan buah, makanlah makanan yang mengandung karbohidrat seperti nasi, roti dan makanan-makanan lainnya yang mengandung karbohidrat cukup bagi tubuh.

4. Untuk lauknya, pilihah lauk yang mengandung atau kaya akan protein hewani dan protein nabati. Seperti ikan, telur, daging, tempe, sayur-sayuran dan lain sebagainya yang tentunya mengandung protein yang cukup.

5. Selain itu, jangan terlalu berlebihan atau kalau bisa hindari makanan yang mengandung minyak yang tinggi seperti gorengan. Karena makanan yang digoreng dapat menyebabkan ikatan oksigen berkurang hingga 20 persen.

Itulah beberapa tips yang mungkin bisa diketahui. Walaupun sepele itu demi kesehatan kamu agar bisa hidup dengan pola hidup dan pola makan yang sehat. Dan agar tidak mudah terserang penyakit atau letih ketika bulan ramadhan apalagi di hari-hari biasa.

Tinggalkan komentar