in

Kamu Mahasiswa Tingkat Akhir? 4 Cara Ini Bisa Kamu Lakukan Agar Skripsi atau Karya Ilmiahmu Lancar

Menulis Karya Ilmiah
akperbinainsan.com

Menulis karya ilmiah terkadang masih menjadi problematika bagi para mahasiswa tingkat akhir yang membuat mereka harus sedikit bersabar agar bisa lulus dan membawa gelar sarjana. Ya, karena menulis karya ilmiah ataupun skripsi merupakan persyaratan wajib bagi mahasiswa yang ingin lulus dari perguruan tinggi.

Lalu, apa sebetulnya yang perlu diperhatikan ketika menulis karya ilmiah agar bisa berjalan dengan lancar?

Selain kamu harus rajin bimbingan ke dosen  kamu juga perlu memperhatikan beberapa hal seperti di bawah ini :

 

Pemilihan Topik Karya Ilmiah

Memilih Topik Karya Ilmiah Cara Membuat Karya Ilmiah
sugeng.id

Nah, hal ini merupakan dasar yang harus kamu siapkan dengan baik sebelum kamu memulai untuk  menulis karya ilmiah. Pastikan dari topik yang kamu ambil kamu tahu rumusan masalah apa yang ingin dipecahkan, tujuan dari penulisan karya ilmiah tersebut, serta harus memiliki referensi yang cukup tentang topik yang akan kamu pilih ini.

Menentukan Cakupan Isi Materi Karya Ilmiah

Menentukan Cakupan Isi Materi Karya Ilmiah Menulis Karya Ilmiah
publish.csiro.au

Setelah kamu bisa menentukan topik apa yang kamu ingin gunakan, langkah berikutnya yang perlu kamu pikirkan adalah soal cakupan materi apa saja yang akan kamu tulis di dalam karya ilmiah kamu.

Cara Mendapatkan Informasi yang Cukup

Pergi Ke Perpustakaan Menulis Karya Ilmiah
extremetech.com

Sebelum masuk ke dalam proses penulisan pastikan kamu telah memiliki informasi yang banyak tentang hal yang ingin kamu tulis. Berikut ini adalah beberapa cara agar kamu bisa mendapatkan informasi yang cukup sebelum memulai menulis.

  1. Pergi ke perpustakaan : Di sinilah kamu dapat menemukan banyak informasi dan bahan penulisan. Dengan banyak membaca maka kamu akan memiliki banyak referensi.
  2. Selain di perpustakaan, bagi kamu yang sibuk sehingga tidak ada waktu ke perpustakaan, kamu juga bisa memanfaatkan teknologi dengan cara mencari buku online (e-book) atau bergabung dengan perpustakaan online.
  3. Selain dari perpustakaan dan online kamu juga bisa mendapatkan informasi dari hasil wawancara.Berikut hal yang perlu kamu perhatikan saat kamu akan melakukan wawancara untuk keperluan proyek penulisan karya ilmiah, yaitu; Tentukan siapa yang akan kamu wawancarai, pastikan kamu memilih orang yang tepat sesuaikan dengan karya ilmiah yang akan kamu tulis. Persiapkan apa saja yang kamu perlukan untuk membuat wawancara berjalan dengan lancar. Seperti siapkan pertanyaan dan note. Setelah semua informasi kamu dapatkan, kamu bisa mengolah hasil wawancara kamu.

Tahap Proses Menulis Karya Ilmiah

signature-reads.com
signature-reads.com

Merupakan inti dari menulis karya ilmiah. Kamu harus mencurahkan segala apa yang kamu pelajari dan sudah kamu lakukan ke dalam proses menulis ini. Selain itu, perbanyak ibadah dan tetap jaga semangatmu selalu.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Proses Perkembangan Bayi Dalam Kandungan dari Bulan Pertama Hingga Bulan 9

Masih Bingung Ketika Membuat Daftar Pustaka? Yuk, Lihat Cara Menulis Daftar Pustaka yang Benar di Bawah Ini