4 Langkah Menulis Novel yang Baik dan Benar

Banyak sekali penulis novel terkenal yang ada di Indonesia yang karya karyanya bisa kamu temui diberbagai toko buku. Novel termasuk salah satu jenis karya sastra fiksi. Menulis novel termasuk salah satu hobi yang digemari banyak orang, baik yang bersifak komersil (dipublish) atau untuk dinikmati  sendiri.

Kamupun bisa menjadi seorang penulis karena tidak sulit untuk bisa menulis novel, kamu tidak perlu mengambil jurusan khusus, karena kamu bisa mempelajarinya secara otodidak.  Berikut 4 langkah menulis novel yang baik.

Memulai Dengan Kehidupan Pribadi Kamu

www.kaskus.co.id
www.kaskus.co.id

Untuk langkah pertama kamu bisa mulai belajar menulis novel dari pengalaman pribadi yang pernah kamu alami, seperti saat kamu menulis diary, bagi kamu yang tidak nyaman jika menulis pengalaman pribadi kamu juga bisa mengabil cerita yang lain. Ketika kamu ingin menulis sebuah bukan berdasarkan penglaman pribadimu  kamu perlu tenaga ekstra untuk menuliskan kedalam bentuk tulisan karena kamu harus mengetahui secara detail hal hal yang berkaitan dengan topik atau fiksi yang kamu pilih. Untuk mengetahui hal hal hingga detail kamu bisa melakukan observasi atau interview kepada narasumber yang sesuai dengan yang ingin kamu tulis.

Karakter yang Pas

www.novel-is.blogspot.com
www.novel-is.blogspot.com

Ketika kamu memulai untuk menulis cerita fiksi atau hayalan kamu harus faham dengan karakter dari masing masing tokong yang ada di dalam cerita kamu secara detail. Hal ini penting sebagai referensi kamu. Sehingga kamu bisa menentukan  sifat apa saja yang pelu atau tidak perlu untuk di tampilkan  di dalam tulisan, karena pembaca biasanya akan bingung ketika harus membacar karakter yang sangat panjah. Jadi kamu harus pintar memilih kata untuk menunjukkan sifat yang ingin dimunculkan dari setiap tokoh di novel kamu.

Dialog

www.igottadowhat.com
www.igottadowhat.com

Cara menulis novel yang ketiga ialah soal dialog,  adanya sebuah dialog  didalam sebuah novel akan membangkitkan  emosi membaca. Sehingga dialog perlu dimunculkan untuk membuat pembaca lebih bisa merasakan apa yang sedang  ingin ditunjukkan oleh penulis, selain itu juga dengan adanya dialog dapat menambah jumlah kata dalam novel yang ingin kamu tulis.

 

Ringkasan Pribadi

www.ayeisha-rani.blogspot.com
www.ayeisha-rani.blogspot.com

Untuk memastikan apakah novel yang sudah selesai kamu tulis itu bagus atau tidak bisa kamu lihat dari ringkasan dari keselurahan alur cerita di novel itu. Ketika kamu menulis ringkasan dan kamu membaca dari situ akan dapat kamu lihat apakah novel kamu sudah baik apa belum misal soal alur ceritanya sudah pas atau masih ada yang janggal.

Nah itu tadi 4 cara untuk menulis novel. Semoga bisa bermanfaat bagi kamu yang ingin memulai menulis novel.

Tinggalkan komentar