Menurunkan Hipertensi

Hipertensi merupakan peningkatan tekanan darah dalam jangka waktu lama secara kronis. Hipertensi dibagi menjadi dua yaitu hipertensi primer atau esensial yang hingga saat ini belum diketahui penyebabnya, dan hipertensi sekunder yaitu hipertensi yang disebabkan oleh faktor penyakit lain.

Penyebab Hipertensi

Kebanyakan penderita hipertensi disebabkan karena faktor genetik atau keturunan. Penyebab lain yang kerap muncul adalah karena stress, berfikir berat, sering minum minuman keras, sering makan yang mengandung lemak tinggi, kegemukan dan kurangnya olahraga.

Gejala Hipertensi

Gejala-gejala darah tinggi yang kerap terjadi adalah kepala pusing, jantung selalu berdebar, susah tidur, mudah marah, sakit pinggang, sering mengalami pendarahan dari hidung, wajah kelihatan kemerahan, dan mudah mengalami kelelahan.

Cara Menurunkan Hipertensi Secara Alami

Obat herbal dapat menjadi alternatif pilihan Anda untuk mengobati sakit. Berikut akan diuraikan cara-cara pembuatan ramuan obat herbal yang dapat Anda lakukan di rumah.

Menggunakan Mengkudu

Bahan:
– 2 buah mengkudu
– 1 butir mentimun
– Gula aren secukupnya

Cara membuat:
Buang biji mengkudu. Lalu tumbuk menjadi satu dengan mentimun. Saring ambil airnya. Aduk air saringan dengan gula aren lalu diberi air panas.

Cara pakai:
Minum 1 gelas ramuan mengkudu pada pagi dan 1 gelas pada sore hari. Lakukan secara rutin selama 3 hari berturut-turut.
Jika Anda tidak ingin repot, buah mengkudu cukup dijadikan jus saja dengan cara diblender. Minumlah jus mengkudu setiap hari.

Menggunakan Daun Alpukat

Bahan-bahan:
– 3-5 lembar daun alpukat
– 1 gelas air bersih
– 5-10 gram gula batu

Cara membuat:
Rebus daun alpukat dan gula batu. Air rebusannya dimunum setelah dingin 1 kali dalam sehari.

Selain ramuan di atas, Anda juga dapat membuat jus dari buah-buahan untuk mengobati hipertensi. Berikut daftar buah-buahan yang dapat Anda buat di rumah.

1. Buah Belimbing

Untuk membuat jus belimbing caranya sama seperti membuat jus mengkudu diatas. Jus belimbing juga dapat Anda minum setiap hari.

2. Daun Seledri

Beri air hangat lalu tunggu beberapa saat. Air seledri ini bisa membuat tekanan darah langsung turun drastis (drop), sebaiknya 2 kali diminum seminggu.

3. Buah Semangka

Manfaat Buah Semangka bisa menyegarkan pembuluh darah Anda. Asam amino jenis arginin yang ada dalam buah semangka memproduksi nutrisi penting yang dapat menguatkan sekaligus melebarkan dinding arteri. Anda dapat mengkonsumsinya secara langsung maupun dalam bentuk jus.

4. Buah Delima

Buah Delima mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Beberapa penelitian menunjukkan tekanan darah dapat turun secara signifikan dengan mengkonsumsi buah delima. Buah delima bisa dibuat jus atau dimakan secara langsung.

5. Buah Tomat

Tomat mengandung 0 gr kalori dan itu berarti sayur ini sangat baik bagi yang menjalani diet bagi penderita hipertensi. Pada sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi ekstrak tomat selama 16 minggu dapat menurunkan rata-rata 10 poin tekanan darah sistolik (saat jantung berkontraksi) dan rata-rata 4 poin tekanan darah diastolik (saat jantung berelaksasi). Buah tomat bisa dikonsumsi lansung juga dibuat jus.

6. Bawang Putih dan Lemon

Campuran antara bawang putih dan lemon akan menghasilkan khasiat yang luar biasa untuk darah tinggi. Bawang putih juga berfunsi sebagai antibiotik yang alami. Rasanya mungkin tidak bersahabat dengan lidah Anda, tetapi lakukanlah jika ingin penyakit Anda cepat sembuh.

Jika ada makanan sehat dan menyehatkan serta berbiaya murah, mengapa harus memilih makanan enak tapi tidak menyehatkan. Semoga beberapa daftar buah dan tanaman di atas dapat membantu menurunkan hipertensi yang Anda derita.

Tinggalkan komentar