Menurunkan Kolesterol Jahat dalam Tubuh

Sesuai hukum alam, segala sesuatu yang berlebihan itu menimbulkan banyak keburukan. Kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh menyebabkan timbulnya berbagai macam penyakit. Misalnya, penyakit jantung koroner dan gagal ginjal.

Kolesterol sendiri sebenarnya terdapat dua jenis yaitu LDL dan HDL. LDL (Low density Lipoprotein) adalah lemak jahat yang mengangkut banyak kolesterol dalam darah dan dapat menyebabkan pengendapan kolesterol dalam arteri jika kadarnya tinggi. HDL (High Density Lipoprotein) merupakan lemak baik yang dapat membuang kelebihan kolesterol jahat. Jenis kolesterol yang sering menjadi sumber penyakit adalah LDL.

Untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, Anda dapat mengonsumsi beberapa jenis makanan sehat seperti buah-buahan dan sayuran. Berikut adalah daftar makanan penurun kolesterol.

Tomat

Anda dapat menurunkan kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh Anda dengan tomat. Caranya, buatlah jus tomat yang enak dan minumlah dua gelas jus tomat setiap hari.

Delima

Buah berbentuk bulat dan berwarna merah kecil ini ternyata juga baik untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Buah ini berfungsi mengurangi penumpukan plak kolesterol serta mampu meningkatkan produksi oksida nitrat yang dapat membantu dalam mengurangi plak pada arteri.

Alpukat

Buah berwujud bulat lonjong dan berwarna hijau ini merupakan salah satu buah yang dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.

Anggur

Buah anggur juga baik untuk meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Jika rutin minum dua gelas jus anggur setiap hari kadar kolesterol baik dalam tubuh Anda akan meningkat sehingga kadar kolesterol jahat dalam tubh Anda akan berkurang.

Bawang putih

Bumbu dapur berwarna putih ini juga membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Usahakan mengonsumsi satu siung bawang putih per hari untuk menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh Anda.

Aneka Olahan Kedelai

Tahu dan tempe merupakan beberapa jenis makanan yang berasal dari kedelai. Kedua jenis makanan tersebut juga efektif menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh Anda. Selain itu, terdapat sumber protein dalam kedua jenis makanan tersebut yang bagi kesehatan.

Kacang-kacangan

Kacang tanah, kenari serta almond adalah jenis kacang-kacangan yang dimaksud di sini. Kandungan lemak omega 3 dan antioksidan dalam kacang-kacangan tersebut juga baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh.

Salmon

Ikan salmon mengandung sumber asam lemak omega 3 yang cukup tinggi. Kandungan ini berfungsi untuk meningkatkan kadar kolesterol baik di dalam tubuh.

Bayam

Sayuran yang tumbuh dengan sangat mudah ini juga baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Bayam merupakan sumber lutein yang berfungsi membantu menurunkan kadar kolesterol jahat didalam tubuh.

Makanan-makanan di atas tidak sulit Anda temukan di pasaran. Bahkan beberpa makanan dapat Anda temkan dengan mudah di sekitar rumah Anda. Semoga informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan komentar