Menyegarkan Diri Saat Cuaca Panas

Indonesia yang berada di kawasan tropis kerap membuat penduduknya merasa gerah saat siang hari. Akibatnya, kulit mudah gatal, kurang nyaman, dan kering. Apa lagi adanya global warming semakin memperpanjang musim kemarau.

Beberapa dari Anda mungkin sering mengatasi rasa panas dan gerah dengan sering-sering masuk ke kamar mandi atau bermain-main dengan air. Sebaiknya, hentikan kebiasaan ini. Untuk mengatasi kondisi panas dan gerah, Anda dapat menerapkan beberapa hal di bawah ini.

1. Tisu Basah

Gunakan tisu basah untuk mengusap kulit yang gerah akibat keringat dan minyak. Bagi wanita, tisu basah juga dapat dimanfaatkan untuk membersihkan wajah sebelum memakai make-up. Sediakan selalu benda ini dalam tas Anda saat di kantor atau bepergian, terutama jika musim kemarau atau pancaroba seperti saat ini.

2. Spray Wajah dan Tubuh

Memiliki spray alami yang dapat dibawa ke mana-mana dapat menolong Anda saat cuaca panas. Spray ini dapat berupa air mawar, air mint, limun, atau aloe vera. Usai menggunakan spray, tepuk-tepuk kulit dengan kapas atau tisu. Gunakan semprotan spray yang benar-benar memberi hasil semprotan kecil agar tak langsung membasahi kulit.

3. Minum Air Putih

Konsumsilah air putih seperti biasanya, bukan air hangat atau air dingin. Pilihlah air dengan suhu normal, dengan demikian tubuh akan terhidrasi dari dalam. Air putih biasa lebih baik dibanding minuman lainnya yang mengandung gula atau es, karena tidak menimbulkan ketagihan. Sebaiknya, minum secara perlahan agar tidak memberatkan pencernaan.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar