Menyembuhkan Batuk Berdahak

Batuk berdahak terjadi karena adanya dahak pada tenggorokan. Batuk jenis ini lebih sering terjadi pada saluran napas yang peka terhadap paparan debu, lembab berlebih dan sebagainya. Mengobati batuk dengan alami tentunya baik untuk Anda aplikasikan. Beberapa tips berikut layak Anda coba di rumah.

1. Teh Jahe
Sebaiknya Anda campurkan teh dengan irisan jahe. Teh jahe sangat baik untuk mengatasi batuk berdahak dan telah dipercaya oleh banyak masyarakat di negara-negara Asia. Konsumsilah teh jahe 2 kali dalam sehari.

2. Belimbing Wuluh
Ambil kira-kira satu genggam bunga belimbing wuluh, kemudian campurkan dengan beberapa butir adas, tambahkan gula dan secangkir air, lalu ditim. Setelah agak dingin, saringlah ramuan tersebut dan siap untuk diminum.

3. Jeruk Nipis
Campurlah perasaan air jeruk nipis dengan madu dan air matang. 1 sendok makan air jeruk nipis dan 3 sendok makan madu murni serta 5 sendok makan air matang ditim selama 30 menit. Takaran untuk meminum ramuan ini adalah 1 sendok teh sehari dua kali.
Obat batuk tradisional lainnya yang terbuat dari jerun nipis adalah campuran jeruk nipis dan kecap. Ramuan ini lebih gampang, air jeruk nipis hanya dicampur dengan kecap dan diminum sehari dua kali sebanyak satu sendok teh.

4. Kunyit
Tambahkan 1/2 sendok teh kunyit yang telah ditumbuk dan madu ke dalam satu gelas susu. Minumlah ramuan ini selagi hangat.

5. Madu dan Lada Putih
Campurkanlah lada putih pada teh madu Anda maka batuk berdahak bisa Anda atasi secepatnya.

6. Kemangi
Sediakan 1-2 gelas air putih, 2-3 daun kemangi, dan rebus menjadi satu. Ramuan ini lebih terasa nikmat jika diminum dalam keadaan masih hangat.

8. Daun Sirih
Ammbil sirih kira-kira lima lembar, tambahkan cengkeh, kemukus, kapulaga, dan kayu manis. Kemudian rebus semua bahan dengan air sebanyak dua gelas. Tunggu hingga air rebusan menjadi kira-kira satu setengah gelas. Angkat dan saring air tersebut. Minum kira-kira satu sendok makan sebanyak tiga kali sehari.

9 . Bunga Mawar
Ambil bunga mawar segar kira-kira sepuluh gram, kemudian tim dengan air secukupnya dan tambahkan gula batu sesuai selera. Minum sebanyak dua kali sehari.

10. Perbanyak minum air putih hangat
Air hangat akan sangat membantu untuk melancarkan dahak keluar dari tenggorokan, sehingga batuk berdahak dapat Anda obati dengan alami dengan mengonsumsi air hangat.

Demikian beberapa tips menyembuhkan batuk berdahak Anda secara alami. Mahatma Gandhi pernah berkata, kesehatan adalah kekayaan sejati bukan emas atau perak. Semoga informasi ini membantu mengembalikan kesehatan Anda.

Tinggalkan komentar