Menyembuhkan Herpes

Penyakit herpes dikenal juga oleh orang Indonesia dengan nama dompo. Jika penyakit ini mulai menyerang, biasanya badan terasa panas dingin / demam kemudian diikuti dengan munculnya luka pada bagian kulit dan terasa sangat gatal.

Awalnya luka ini terlihat seperti luka gores pada kulit dengan warna merah, seperti luka karena garukan kuku yang memanjang. Lama kelamaan muncul gelembung-gelembung air seperti melepuh pada luka tersebut. Gelembung-gelembung air pada kulit yang terkena herpes ini biasanya membentuk dalam satu gerombolan yang banyak. Jika, gelembungnya pecah dan mengenai bagian kulit yang lain yang tidak terkena herpes, maka bagian kulit tersebut akan membentuk luka baru.

Luka tersebut juga menimbulkan rasa gatal sehingga memaksa kita untuk menggaruknya. Namun jika asal di garuk maka lukanya akan cepat menyebar. Jika memang rasa gatal sudah tak tertahankan gunakan tisu bersih lalu tempelkan/usapkan perlahan pada bagian kulit yang gatal.

Herpes dapat disembuhkan dengan cara tradisional atau alami maupun non tradisonal.
Adapun cara mengobati herpes baik dengan cara tradisional/alami adalah sebagai berikut :
Dengan mengolesi bagian kulit yang terkena herpes dengan getah/lendir daun lidah buaya.
Dengan menaburkan kapur sirih pada bagian kulit yang terkena herpes. Kapur sirih biasa dijual di tempat-tempat orang jualan kembang/bunga sajen.

Cara non tradisional, Anda bisa mengobatinya dengan membeli obat di apotik terdekat. Dengan mengolesi bagian kulit yang terkena herpe dengan salep aciclovir. Anda bisa membelinya di apotik terdekat. Harganya cukup terjangkau karena berada di kisaran sepuluh ribu saja.

Jika gelembung air belum pecah anda harus memecahkannya terlebih dahulu dengan jarum pentul lalu usap cairan yang keluar dengan tisu biar gak lari kemana-mana. Jadi memecahkan gelembung airnya pelan-pelan jangan langsung dipecahin gitu saja. Gelembung airnya harus dibuka dulu sebelum diolesi dengan salep aciclovir atau getah lidah buaya atapun kapur sirih biar obatnya bisa meresap.

Masih ada beberapa cara lain untuk mengatasi penyakit herpes. Anda dapat melakukannya sebagai tambahan selain obat dari dokter agar penyakit herpes Anda cepat sembuh.

1. Mandi air hangat
Mandi air hangat dapat meredakan rasa sakit yang Anda rasakan akibat herpes. Namun, berendam dapat menyebarkan virus ke seluruh tubuh, maka lebih baik pilihlah mandi lewat shower. Bersihkan juga daerah yang terkena herpes dengan sabun khusus daerah kewanitaan atau sabun biasa jika terkena di bagian di luar area kewanitaan seperti paha.

2. Teh celup
Letakkan teh celup yang telah anda basahi di daerah yang terasa perih, dijamin rasanya akan nyaman dan rasa perih Anda akan berkurang. Jangan lupa untuk membasuh dengan air hangat setelahnya.

3. Es
Es terkenal dapat meredakan rasa sakit. Taruh segenggam es dalam plastik, balut dengan kain bersih, dan letakkan di atas area yang sakit selama 10-15 menit.

4. Susu
Selain mengurangi rasa sakit, susu ternyata juga mempunyai efek penyembuhan. Gunakan kapas untuk menyerap susu dan usapkan pada area yang terinfeksi.

5. Baking soda
Sama dengan susu, gunakan kapas untuk menotolkan sedikit baking soda dan terapkan pada bagian yang sakit. Ini akan membuat daerah yang terinfeksi lebih kering dan mengurangi rasa gatal.

Jika Anda terkena harpes kemungkinan terkena lagi cukup besar karena virus herpes ini akan terus menetap di dalam tubuh. Biasanya saat daya tubuh lemah Anda mudah terserang virus ini.

Seorang bijak berkata, keinginan kuat untuk sehat adalah bagian dari kesehatan itu sendiri. Berusahalah terus menyembuhkan penyakit yang Anda derita. Semoga informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan komentar