Cara Merawat Burung Cucak Ijo Agar Cepat Berkicau

 

Cucak ijo merupakan burung dengan warna keseluruhan bulunya adalah hijau. Burung kicau ini sedang populer sekali dikalangan pecinta burung kicau. Dengan gaya khas kicau ngentrok membuat para pecinta burung kicau semakin terpesona dan tertarik untuk memelihara beberapa ekor. Namun jarang dari para pecinta burung kicau yang mengerti bagaimana cara merawat burung cucak ijo agar rajin berkicau.

cucak-ijo
tandapagar.com

Dalam membeli cucak ijo, sebaiknya membeli dalam keadaan masih kecil. Dengan umur yang muda maka cucak ijo akan semakin mudah dilatih dan harganya pun lebih murah daripada cucak ijo dewasa atau cucak ijo yang sudah pandai berbunyi. Anakan cucak ijo butuh perawatan yang tepat untuk menghasilkan cucak ijo kelas kompetisi.

Bukan barang yang mudah untuk merawat cucak ijo yang masih muda, tapi bukan mustahil pula anakan cucak ijo kamu untuk menjadi cucak ijo kelas kompetisi jika kamu bisa merawat dengan benar dan tepat. Dalam merawat cucak ijo, yang perlu kamu pertahankan adalah konsisten dan tekun. Dengan perawatan yang benar dan sejak umur cucak ijo masih muda akan menghasilkan cucak ijo yang benar – benar berkualitas dalam segi suara.

Yang pertama dalam merawat cucak ijo adalah kamu harus menjinakkan cucak ijo yang kamu punya. Setelah jinak, kamu harus memperhatikan pakan yang kamu berikan. Beri pakan berupa buah dan juga jangkrik, karena jenis pakan tersebut sangatlah disukai oleh cucak ijo. Untuk cucak ijo yang maih muda sebaiknya berikan pisang kapok yang sudah diolesi madu dan didiamkan selama sehari. Untuk porsi jangkrik perhari 10 ekor dibagi menjadi 2 waktu makan yaitu pagi dan sore.

ternaks.blogspot.com
ternaks.blogspot.com

Langkah perawatan cucak ijo ketiga adalah dengan rutin memandikan dua kali sehari. Setelah dimandikan, diamkan cucak ijo maksimal 60 menit baru bisa dijemur. Burung yang dijemur akan mempunyai nafas lebih panjang daripada burung yang jarang dijemur. Langkah terakhir agar cucak ijo lebih cepat berbunyi adalah dengan melakukan mastering. Mastering kicau yang dimaksut disini adalah dengan mendengarkan cucak ijo dengan suara – suara kicauan cucak ijo agar ditiru.

Kamu yang sekarang sedang berusaha merawat cucak ijo harus ingat kuncinya, yaitu dengan tekun dan konsisten. Selamat berkarya.

Tinggalkan komentar