Merawat Dan Memelihara Anak Anjing

Memelihara anjing bisa jadi alternatif yang baik untuk Anda yang sedang mencari hewan peliharaan. Anjing adalah hewan peliharaan yang sangat mudah perawatannya. Anda hanya perlu memandikannya, memberinya makan, minum, dan sesekali memeriksakan kesehatannya ke dokter hewan. Pada dasarnya semua jenis anjing mempunyai daya tahan tubuh yang kuat sehingga tidak perlu perawatan dan perhatian yang ekstra. Kesulitan dalam memelihara anjing adalah melatihnya, karena tidak semua jenis anjing memiliki tempramen sama dan mudah dilatih. Tips-tips yang dapat Anda lakukan adalah sebagai berikut:

1. Memilih jenis anjing.

Untuk Anda yang masih berencana ingin memelihara anjing, sebaiknya Anda pikirkan dulu jenis anjing apa yang cocok dipelihara. Maltese, cihuahua, dan pomeranian adalah jenis anjing kecil yang cocok dipelihara di apartemen atau rumah kecil. Labrador, pitbull, dan bulldog adalah jenis anjing besar yang yang lebih cocok dipelihara di rumah yang berhalaman luas. Setiap jenis anjing mempunyai tempramen yang berbeda-beda. Sulit mengontrol tempramennya apabila sudah tidak terkendali. Anda dapat memilih jenis anjing rumahan yang bertempramen rendah atau anjing penjaga bertempramen tinggi sesuai kebutuhan Anda.

2. Jauhkan barang berharga.

Semua jenis anjing pada dasarnya senang menggigit-gigit barang apa pun yang ditemuinya. Anda tidak mau kan barang dan perabot mahal yang ada di dirumah Anda rusak? Apalagi barang-barang mahal berbanderol jutaan rupiah. Maka hindarkan barang berharga Anda dari incaran anjing peliharaan Anda, setidaknya sampai kebiasaan buruknya hilang.

3. Siapkan perlengkapan memelihara anjing.

Salah satu yang perlu Anda persiapkan sebelum merawat anak anjing adalah perlengkapan anjing. Perlengkapan yang umum adalah wadah makan (usahakan logam agar tidak mudah rusak), tempat tidur yang nyaman, mainan anjing, makanan khusus anjing, perlengkapan mandi anjing (sikat dan shampo anjing). Makanan khusus memang tidak wajib bagi anjing, tapi akan lebih baik jika nutrisinya tercukupi. Pertumbuhan dan perkembangan anak anjing sangat di pengaruhi oleh jenis makanan dan jadwal makan. Anjing usia 6-8 tahun diberi makan 4 kali sehari. Anjing usia 12-20 tahun diberi makan 3 kali sehari. Anjing usia 20 tahun keatas cukup diberi makan 2 kali sehari.

4. Rawatlah dengan kasih sayang.

Anjing yang sering diberi perhatian akan cenderung menjadi penurut dan mudah diatur karena tingkat tempramennya rendah. Perhatian juga dapat menurunkan stress dan membuat anjing menjadi ceria dan lincah. Bermain bersama anjing adalah cara terbaik memberikan kasih sayang dan perhatian.

5. Telaten mengontrol kesehatan.

Anda harus rajin membersihkan kandang agar anjing tidak mudah terkena penyakit. Memandikan anjing secara teratur setiap 2 kali sebulan. Pastikan untuk mengajaknya jalan-jalan agar fisiknya tetap terjaga. Jika terlihat ada gejala terkena penyakit segera bawa anak anjing ke dokter hewan.
Tips-tips diatas adalah sebagian tips yang umum untuk Anda ketahui dan lakukan saat sebelum dan setelah memutuskan untuk memelihara anak anjing. Semoga Bermanfaat.

Tinggalkan komentar