Merawat dan Memelihara Hamster

Pernahkah Anda berpikir untuk memelihara hewan peliharaan yang imut, lucu, menggemaskan dan tidak membutuhkan kandang yang besar? Alergi dengan kucing? Nah, hamster adalah solusinya. Hamster pada umunya tidak menyebabkan alergi pada manusia dan perawatan yang tidak begitu rumit. Hamster juga banyak macamnya, mulai dari Hamster emas, Hamster Siberia, hingga Hamster kerdil. Hanya saja Hamster cukup sulit untuk dijinakkan. Jika Anda tidak sabar menjinakkannya, Hamster emas adalah yang mudah dijinakkan. Berikut ini adalah tips-tips memelihara Hamster:

1. Hindarkan kandang Hamster dari paparan sinar matahari langsung dan aliran angin. Letakkan di tempat yang sering Anda datangi agar Hamster terbiasa dengan Anda. Gunakan alas kandang berupa kayu atau tripleks untuk menghindari bahan yang bersiafat racun dan menyebabkan Hamster mati. Usahakan alas mempunyai ketebalan 2 cm agar tidak mudah rusak.

2. Hindari meletakkan botol minum Hamster tepat di atas alas yang berbahan kayu. Alas yang basah dan berjamur dapat menyebabkan penyakit pada Hamster. Sebaiknya botol minum diletakkan disamping agak atas dan masih terjangkau oleh hamster.

3. Sediakan mainan untuk Hamster. Bekas rol tisu toilet dapat dijadikan mainan petak umpet oleh Hamster Anda. Anda juga bisa membuatkan mainan seperti komedi putar atau kincir agar dapat dijadikan mainan untuk berlarian di dalamnya. Hamster Anda akan merasa nyaman dan gembira.

4. Sediakan tempat tidur yang nyaman. Buatlah kardus yang berbentuk wadah korek batang, isi dengan serat-serat kayu diantara ruang di dalamnya. Maka jadilah tempat tidur yang nyaman untuk Hamster Anda.

5. Sediakan makanan untuk Hamster. Makanan bisa dibeli di toko hewan peliharaan, biasanya makanan tersebut akan disukai oleh Hamster. Anda juga bisa mencoba memberikan selingan berupa sayur dan buah. Berikan sedikit dulu, apabila suka bisa ditambahkan atau bahkan dilanjutkan, dan bila tidak suka sebaiknya tidak dilanjutkan.

6. Latihan ringan juga baik diberikan untuk Hamster. Roda putar yang dijual di toko-toko hewan dapat Anda beli untuk melatih kelincahan Hamster. Hamster yang sehat akan sering berlatih di roda putar dengan semangat. Sekali-kali Anda boleh membiarkan Hamster diluar kandang, hal itu baik untuk melatih adaptasi terhadap lingkungan luar.

7. Cuci kandang Hamster seminggu sekali. Saat kandang dibersihkan, pastikan Hamster diletakkan di tempat yang aman. Pertama keluarkan semua barang yang ada di dalam kandang. Selanjutnya rendam dan cuci kandang dengan desinfektan. Angkat kemudian keringkan dibawah sinar matahari.

8. Hindari membiarkan sisa makanan di dalam kandang. Setiap akan memberi makan selanjutnya, sisa makanan hrus dibersihkan terlebih dulu. Sisa makanan yang berjamur dapat mengganggu kesehatan si Hamster.

9. Satu catatan penting dalam memelihara Hamster adalah jangan memandikan Hamster. Hamster dapat membersihkan diri mereka sendiri. Akan tetapi bila Anda ingin memandikannya karena khawatir dengan kesehatannya, cukup letakkan Hamster di baskom yang berisi air, saat berenang mereka akan membersihkan tubuhnya sendiri. Hindari penggunaan produk pembersih apa pun, sebab itu adalah racun.

Tinggalkan komentar