Merawat dan Memelihara Kucing

Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang lucu. Bulunya yang lembut dan beraneka warna dapat memanjakan mata pemiliknya. Memelihara kucing bisa menjadi kegiatan menyenangkan sekaligus merepotkan. Meskipun kucing bisa tetap hidup dengan tubuh yang kotor dan bulu yang dekil, namun tentu Anda akan lebih menyukai kucing yang bersih, sehat, dan tampak lucu menggemaskan. Bila Anda menginginkan kucing peliharaan Anda seperti itu, berikut adalah tipsnya:

  1. Rajin-rajinlah menyisir bulu kucing peliharaan Anda agar tidak ada bulu yang menggumpal, terutama kucing dengan jenis bulu panjang dan lebat. Pilih sisir yang tidak merusak bulu kucing. Lakukan gerakan menyisir searah tumbuhnya bulu.
  2. Rutinlah memberi makan kucing dengan makan yang tepat untuk kucing Anda. Makanan kucing bisa dengan mudah di dapatkan di toko hewan. Tentukan jadwal makan rutin untuk kucing Anda dalam sehari, misalnya jam 8 pagi dan jam 5 sore, maka seterusnya itulah jam makan rutinnya. Jangan memberi makan kucing secara berlebihan, kucing yang kegemukan akan membuat kesehatannya tidak baik. Berilah makan sesuai porsinya, Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter hewan mengenai jenis, porsi, dan kandungan makanan yang sesuai dengan kucing Anda.
  3. Memandikan kucing berkala menjadi syarat mutlak untuk tetap menjaga kesehatan, kebersihan, dan kemenarikan bulu. Apabila anda ingin memandikan kucing, pilihlah sampo hewan khususnya sampo kucing seperti yang banyak di jual di toko hewan. Gunakan air hangat kuku, bilas perlahan, dan keringkan dengan handuk lembut. Terakhir keringkan kembali bulu dengan hairdryer sampai kering benar. Untuk anda yang tak ingin repot-repot memandikan kucing, Anda dapat membawanya ke salon hewan peliharaan terdekat. Terlalu sering memandikan hewan juga tidak baik untuk kesehatan kucing. Mandikan kucing setiap 2-4 bulan sekali saja.
  4. Memberi perhatian pada kucing juga sangat penting, selain dengan mengelus, menyisir, memberi makan, memandikan, mengajak bermain juga penting. Ikatan antara Anda dan kucing Anda akan terbentuk sehigga kucing menjadi penurut dan mudah diatur. Melatihnya dengan bola atau mainan kucing lainnya dapat menmbuat kucing lincah dan tidak jadi pemalas.
  5. Salah satu kebiasaan kucing adalah mencakar sesuatu benda di sekitarnya. Penting bagi Anda untuk menyediakan bidang atau suatu benda sebagai objek cakarannya. Anda harus sering-sering memindahkan kucing Anda ke objek cakaran yang telah Anda siapkan sebelumnya ketika Anda melihatnya mulai mencakari perabot rumah. Objek cakaran sebaiknya agak tinggi, sebab pada dasarnya kucing mencakar karena ingin memanjat sesuatu.
  6. Menyediakan tempat kotoran untuk buang air. Anda tentu tidak ingin rumah jadi kotor dan bau karena kotoran kucing berserakan dimana-mana bukan. Sediakan kotak pasir yang anti rembes agar kotoran terutama yang cair tidak merembes dari kotak tempat kotoran. Taruhlah pasir yang lembut sehingga kucing mudah menggali dan mengubur kotorannya setelah buang air. Anda dapat membuat kotak kotoran sendiri atau membelinya dengan mudah di toko hewan peliharaan.
  7. Ajari kucing untuk menghafal letak rumah dan jalan pulang sambil mengajak jalan-jalan pagi atau sore. Kucing yang sering berdiam dirumah cenderung akan tersesat apabila keluar dari rumah. Meskipun penciuman kucing cukup tajam, tetapi penciumannya tidak dapat membuatnya mengenali rumah dan jalan pulang. Jika Anda terbiasa mengajak jalan-jalan kucing Anda keluar rumah sejak kecil maka kucing peliharaan Anda bisa jadi kucing penjelajah yang ulung dan dapat menemukan jalan pulang dengan mudah.

Itulah beberapa tips memelihara kucing yang bisa Anda praktekkan di rumah. Sebab pada dasarnya kucing adalah hewan pembelajar dan butuh perhatian. Apabila Anda memberikan perhatian dan kasih sayang pada kucing peliharaan Anda, maka kucing akan menjadi hewan peliharaan yang akan membuat Anda betah dan ingin segera ditemui setelah Ada sampai rumah.

Satu pemikiran pada “Merawat dan Memelihara Kucing”

Tinggalkan komentar