Merawat Gigi Palsu

Gigi palsu biasanya digunakan untuk memperbaiki estetika atau menunjang kembali fungsi pengunyahan. Sebaiknya, pasien pengguna gigi palsu mengetahui hal-hal yang terkait gigi palsu, baik cara penggunaannya maupun cara perawatannya. Hal ini supaya gigi palsu tersebut dapat digunakan dengan nyaman. Jika Anda atau salah satu keluarga Anda adalah pengguna gigi palsu, simak cara yang benar dalam merawat gigi palsu berikut ini.

1. Gunakan Pembersih Khusus

Biasanya, ketika Anda mengunjungi dokter untuk penggunaan gigi palsu, ia akan merekomendasikan pembersih giginya. Gunakanlah pembersih yang telah direkomendasikan oleh dokter tersebut. Sebaiknya, Anda tidak asal pilih merk karena dapat membahayakan gigi palsu.

2. Jauhi Penggunaan Pasta Gigi

Tidak dianjurkan bagi Anda, menggunakan pasta gigi untuk membersihkan gigi palsu. Kandungan pasta gigi tidak sesuai dengan bahan pada gigi palsu. Pasta Gigi dapat menyebabkan abrasi pada gigi dan juga membuatnya terkikis.

3. Pakai Sikat Gigi yang Lembut

Hindari penggunaan sikat gigi yang kasar pada gigi palsu dan gunakan sikat gigi yang lembut. Sikat gigi yang lembut dapat memberikan efek yang baik terhadap tekstur gigi palsu. Penggunaan sikat yang kasar dapat memberikan bekas goresan dan kesan yang kasar pada permukaan gigi palsu.

4. Selalu Bersihkan Gigi Palsu Sebelum Digunakan

Gigi palsu yang tidak dibersihkan dalam waktu yang lama akan membuatnya tidak higienis. Bila gigi palsu telah dilepas, maka bersihkan terlebih dahulu saat hendak memakainya kembali. Hal ini untuk menjaga kebersihan mulut.

5. Jaga Kebersihan Gigi Palsu

Ketika membersihkan gigi atau saat melepasnya dari gusi, baiknya tetap jaga kebersihannya. Caranya dengan selalu memberikan lapisan saat melepasnya. Jagalah agar gigi palsu tidak jatuh ke lantai karena hal itu berpotensi untuk memberikan efek bakteri pada gigi palsu.

6. Rajin Menghilangkan Sisa Makanan Pada Gigi Palsu

Sisa makanan sangat berbahaya untuk gigi palsu. Penting untuk menjaga gigi palsu agar tetap bersih. Caranya dengan membersihkan gigi palsu anda dari sisa makanan setelah makan.

7. Lepaskan Gigi Palsu Selama 6 Jam Per Hari

Membiarkan mulut terbebas dari gigi palsu selama beberapa jam sangatlah baik. Maka lepaskan gigi palsu kurang lebih 6 jam setiap hari. Gunakan ketika dibutuhkan saja, misalnya untuk mengunyah makanan yang keras.

8. Rendam dengan Air

Saat gigi palsu dilepas, rendam dalam air. Hal ini untuk menjaga kelembaban gigi palsu dan menghindarkannya dari kekeringan. Sebab, gigi palsu mudah panas. Oleh karenanya, air menjadi salah satu cara untuk merawat gigi palsu.

9. Periksa Kondisi Gusi

Ketika hendak memegang gigi palsu yang telah dilepas, sebaiknya tidak lupa mengecek kesehatan dan kondisi gusi. Bila gusi bengkak atau memerah maka hindari pemakaian gigi palsu untuk beberapa saat. Konsultasilah pada dokter terdekat.

10. Gunakan Gigi Palsu yang Sesuai

Ketiak memutuskan menggunakan gigi palsu, baiknya ukur dahulu kesesuaiannya dengan mulut. Gigi palsu yang kebesaran tentunya tidak nyaman dipakan dan kurang baik bagi kesehatan gusi.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar