Merawat Ginjal

Ginjal adalah dua organ tubuh berbentuk seperti kacang dengan ukuran sekepalan tangan manusia. Letaknya di bawah tulang rusuk di kedua sisi tulang belakang. Fungsi ginjal yaitu membersihkan tubuh dari berbagai racun dan menyeimbangkan kadar air di dalam tubuh. Ginjal juga bertugas mengatur tekanan darah, sel darah merah, serta zat asam dalam tubuh.

Agar ginjal dapat bekerja dengan baik dalam tubuh Anda, jagalah kesehatan ginjal dengan cara-cara berikut.

1. Olahraga

Jika Anda berlahraga maka setiap fungsi di dalam tubuh Anda berjalan dengan baik. Termasuk ginjal.

2. Konsumsi Makanan Sehat

Penting bagi Anda untuk mengkonsumsi makanan sehat. Makanan sehat tidak mengandung racun di dalamnya. Dengan demikian, ginjal Anda tidak bekerja terlalu berat untuk menyaring racun.

3. Jaga Tekanan Darah

Baiknya jaga selalku tekanan darah Anda agar tidak naik berlebihan. Ginjal memainkan peranan penting untuk menjaga sirkulasi darah, tekanan darah yang tinggi dapat menyebabkan kerusakan ginjal.

4. Jaga Kadar Gula

Ginjal dan diabetes saling berkaitan. Sering ditemui, penderita diabetes akhirnya juga memiliki masalah dengan ginjal mereka. Oleh karenanya, menjaga kadar gula merupakan salah satu cara yang tepat untuk menjaga kesehatan ginjal.

5. Banyak Minum Air

Asupan cairan sangat penting bagi tubuh. Hal ini supaya ginjal berfungsi dengan baik. Jika cairan di dalam tubuh Anda sedikit, maka menyebabkan masalah pada ginjal.

6. Tidak Merokok

Aktivitas merokok akan memperlambat aliran darah ke ginjal yang mampu mengganggu kesehatan ginjal. Oleh karenanya jika Anda memiliki kebiasaan merokok, segera hentikan agar ginjal Anda berfungsi dengan baik.

7. Tidak Sembarangan Mengkonsumsi Obat

Obat-obatan yang Anda konsumsi mampu memperberat kerja ginjal. Untuk itu, sebaiknya Anda tidak mengkonsumsi obat secara sembarangan. Pastikan bahwa Anda terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter saat hendak mengkonsumsi suatu obat.

Selain hal-hal di atas, perhatikan pula konsumsi makanan instan Anda. Sebaiknya, Anda tidak terlalu sering mengkonsumsi makanan instan sebab ada banyak racun terkandung di dalam makanan instan.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar