Merawat Kuku

Kuku tangan dan kaki yang kotor serta tidak terawat, akan menjadi sumber penyakit. Merawat kuku tidak harus pergi ke salon demi menjalani manicure dan pedicure secara profesional. Anda dapat merawat kuku secara alami dan sederhana di rumah.

Manicure

Bersihkan kuku Anda dan rapikan dengan menggunakan gunting kuku.
Saat membersihkan kuku, hindari memotong kutikula. Kutikula berfungsi sebagai penahan alami kuku agar terhindar dari infeksi. Cukup dorong lembut kutikula dengan menggunakan stik khusus kutikula.
Lalu, siapkan air hangat di dalam baskom yang sudah diberi perasan jeruk nipis, olive oil dan garam secukupnya.
Rendam jari tangan selama 10 menit sambil dipijat lembut dan disikat perlahan.
Setelah kuku terlihat lebih bersih keringkan dengan handuk.
Untuk mencegah kuku terlihat kering, gunakan pelembap khusus untuk kuku.

Pedicure

Usai membersihkan dan merapikan kuku dengan menggunakan gunting kuku, rendam kaki dengan air hangat yang sudah dicampur dengan garam dan kelopak bunga mawar.
Lalu, sikat kuku kaki Anda dengan lembut untuk menghilangkan sel-sel kulit mati.
Bersihkan kaki dengan scrub khusus kaki dan oleskan pelembap di setiap pangkal kuku kaki Anda.
Bersihkan kaki Anda dengan air hangat dan keringkan dengan handuk.
Jika Anda sering menggunakan kuteks, sebaiknya biarkan kuku Anda istirahat beberapa hari tanpa kuteks untuk mencegah kuku berwarna kuning.

Lakukan perawatan manicure dan pedicure ini dua minggu sekali. Selain itu, berhati-hatilah jika warna kuku tangan atau kaki berubah menjadi cokelat sampai kehitaman, jika kuku tampak lebih tebal dari biasanya, dan jika kuku atau jari terasa sangat gatal. Gejala ini merupakan tanda-tanda jamur tengah “menjajah jari” Anda. Lakukan beberapa cara di bawah ini untuk mengatasinya.

1. Gunakan Cuka

Tingkat keasaman cuka terbukti mampu meringankan gatal yang ditimbulkan jamur. Rendam kuku yang gatal dalam wadah berisi cuka. Cara lain, tuangkan cuka ke dalam botol semprot, lalu semprotkan ke jari yang terkena jamur. Biarkan selama beberapa menit, jangan digaruk. Setelah itu cuci tangan atau kaki Anda dengan air bersih dan biarkan kering.

2. Gunakan tea tree oil.

Tea tree oil mengandung senyawa yang disebutterpenoid, yang mempunyai sifat antiseptik dan antijamur. Pastikan jari tangan dan kaki sudah dibersihkan dan dikeringkan sebelumnya. Oleskan tea tree oil pada kuku Anda. Diamkan beberapa menit, lalu bilas dan keringkan.

3. Gunakan Obat Kumur

Umumnya, obat kumur mengandung thymol, eucalyptol, dan salicylate. Semua unsur itu efektif untuk membunuh bakteri dan jamur. Bersihkan dan keringkan kuku, lalu rendam dalam cairan obat kumur. Bisa juga dengan menyemprotkannya seperti cara menggunakan cuka yang telah dijelaskan pada poin nomor 1. Biarkan selama 10 menit, lalu cuci dan keringkan.

4. Gunakan minyak zaitun

Olesi jari atau kuku yang gatal dengan campuran 1 sdm minyak zaitun dan 2 tetes minyak esensial oregano. Oregano punya sifat antijamur, analgesik, antiseptik, dan antibakteri, membuatnya ideal untuk mengobati infeksi.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Tinggalkan komentar