Merawat Rambut Berjilbab

Semakin banyak wanita Indonesia yang mengenakan jilbab dalam keseharian. Namun, tidak jarang mereka abai terhadap perawatan rambut sebab telah tertutup oleh kain hijab. Padahal, justru karena ditutup itulah maka rambut harus mendapatkan perawatan ekstra agar tetap sehat. Jika rambut berjilbab tidak dirawat dengan baik, bisa jadi bau rambut tak sedap, kepala gatal, ketombean dan berbagai masalah kepala menghampiri hingga akhirnya mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Agar rambut berjilbab tetap sehat, berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan.

  1. Cuci rambut secara teratur 2-3 kali dalam satu minggu.
  2. Gunakan sampo yang sesuai dengan jenis rambut Anda.
  3. Lakukan creambath seminggu sekali untuk memberikan nutrisi pada rambut dan menjaga kulit kepala agar tetap sehat. Sekarang sudah banyak salon-salon yang khusus diperuntukkan bagi kaum wanita.
  4. Gunakan masker rambut seminggu sekali agar kesehatan dan kekuatan akar rambut tetap terjaga. Masker rambut siap pakai banyak tersedia di toko, pilihlah yang sesuai dengan jenis rambut.
  5. Rambut yang selalu tertutup menimbulkan bau yang kurang sedap. Untuk mengatasinya, ratus rambut Anda minimal sebulan sekali. Ratus adalah teknik mengasapi rambut dengan campuran rempah-rempah dan bunga-bungaan.
  6. Pilihlah jilbab berbahan katun atau kaos sehingga sirkulasi udara bagi rambut tetap baik.
  7. Ganti jilbab setiap hari.
  8. Pastikan rambut dalam keadaan kering ketika hendak memakai jilbab.
  9. Gunakan hair tonic atau serum antirontok tiap selesai keramas agar akar rambut menjadi kuat.
  10. Pilih potongan rambut yang praktis untuk memudahkan penataan rambut saat mengenakan jilbab atau kerudung.
  11. Konsumsi banyak sayuran dan buah kaya vitamin C agar meregenerasi sel-sel rambut dan kulit kepala.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar