Merawat Tubuh Saat Hamil

Wanita yang menjadi ibu hamil akan mendapati banyak perubahan pada tubuhnya. Selain berat badan yang terus bertambah, ibu hamil juga mengalami peningkatan produksi hormon. Adanya peningkatan produksi hormon pada masa kehamilan ini menyebabkan perubahan pada kulit dan emosi.

Oleh karena itu, perawatan tubuh penting dilakukan oleh ibu hamil. Perawatan tubuh ibu hamil bukan hanya dimaksudkan untuk menjaga kecantikan tetapi juga kesehatannya. Jika sehat, tentu ibu hamil merasa segar dan percaya diri dalam menjalani masa kehamilan. Ibu hamil dapat melakukan perawatan tubuhnya sendiri secara sederhana di rumah tanpa harus ke salon. Perawatan tersebut antara lain sebagai berikut.

1. Perawatan Kaki Bengkak

Pada umumnya, ibu hamil mengalami kaki bengkak. Untuk mengatasi problem pembengkakan pada kaki ini, ibu hamil dapat menggunakan gel khusus untuk memijat kaki bengkak. Sebaiknya, pilih gel yang mengandung menthol atau minyak peppermint. Kandungan menthol atau peppermint berguna mendinginkan kaki serta membuat oto-otot kaki menjadi lebih rileks. Akan lebih baik lagi, jika ibu hamil membiasakan diri berolahraga ringan seperti jalan-jalan kecil.

2. Konsumsi Vitamin C Untuk Pencegahan Varises

Varises adalah pelebaran pembuluh balik. Hal ini seringkali dialami oleh ibu hamil. Tanda-tandanya, urat yang berada di bagian kaki, area di balik lutut, serta tangan menjadi tampak menonjol. Agar terhindar dari varises, sebaiknya ibu hamil memperbanyak konsumsi vitamin C. Ibu hamil juga disarankan untuk menghindari aktivitas yang terlalu berat dan berupaya untuk tidak berdiri terlalu lama.

3. Perawatan Stretch Mark

Stretch mark merupakan peregangan yang terjadi pada kulit tubuh tepatnya di bagian perut pada saat kehamilan. Akibat dari peregangan ini adalah terjadi guratan-guratan memanjang pada bagian perut dengan pola yang tidak beraturan. Perawatan terhadap stretch mark dapat menggunakan masker dari bahan-bahan alami seperti lidah buaya, tomat, dan wortel.

4. Hindari Penggunaan Kosmetik yang Mengandung Minyak

Produksi minyak pada kulit bertambah banyak pada masa kehamilan. Pada trimester pertama kulit wajah akan lebih berminyak dan muncul jerawat. Oleh sebab itu, sebaiknya ibu hamil menghindari penggunaan kosmetik yang bahan dasarnya minyak. Produk kecantikan berbahan dasar minyak akan menutup pori-pori kulit.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar