Definisi Meristem Apikal dan Penjelasan Singkatnya

MERISTEM APIKAL – Definisi meristem apikal, mungkin suatu misteri mudah yang bisa Anda memecahkannya. Apex (jamak-apices) adalah ujung akhir dari sesuatu. Anda bisa memikirkan meristem sebagai jenis jaringan tanaman yang terbuat dari sel yang tidak tahu apa yang mereka inginkan saat mereka tumbuh dewasa.

Sebab itu apikal meristem ditemukan di puncak tanaman (ujung kuncup dan akar) dan merupakan daerah pembelahan sel yang aktif.

Meristem apikal menyebabkan tanaman tumbuh dan jatuh lalu tumbuh lagi. Pertumbuhan jenis ini disebut pertumbuhan primer. (Bila tanaman tumbuh keluar, atau menjadi lebih tebal, disebut, pertumbuhan lateral, atau sekunder).

Kedua arah pertumbuhan primer itu penting, karena membawa daun tanaman ke cahaya yang optimal dan mendorong akarnya ke bawah tanah untuk mencari air keluar dengan jangkar tanaman.

Pengertian Meristem Apikal

meristem apikal
ebiologi.com

Divisi meristem apikal menghasilkan salah satu dari tiga jenis jaringan primer. Jaringan primer sebagian dibedakan berbagai jenis yaitu, sel-sel di jaringan ini telah dipasang di jalur untuk menjadi jenis jaringan tertentu.

Namun sel-sel yang masih membelah menjadi lebih terspesialisasi, tiga jaringan tersebut dasar adalah:

  1. Protoderm, menjadi lapisan luar tanaman, epidermis (Anda dapat mengingatnya dengan mengingat Derm berarti kulit).
  2. Meristem Dasar, salah satu dari banyak jenis jaringan tanah, jaringan tanaman yang paling umum. Fungsi jaringannya mencakup penyimpanan pati, tanaman pendukung, dan kloroplas rumahan yang penting berguna melakukan fotosintesis.
  3. Prokambium, sejenis jaringan pembuluh darah tanaman, baik xilem untuk membawa air ataupun floem dalam mengusung gula.

Meristem Apikal Rusak atau Dihapus

meristem apikal
ebiologi.com

Dalam masalah ini sel-sel akan membentuk apikal meristem yang apik. Dengan demikian, tanaman memiliki struktur untuk melindungi mereka.

Sebuah penutup akar tertutup pada ujung akar. Ini juga menghilangkan bahan lendir yang membantu mengusir akar melewati tanah.

Kuncup ujung meristem yang dihasilkan jaringan yang disebut koleoptil, yang melindungi meristem apikal saat tunas muda muncul dari biji dan pilihan pada siang hari.

Banyak tanaman juga bisa meristem apikal dengan menjaga agar batang bengkok tumbuh dalam bentuk U sampai ujungnya bersih tanah.

Jika apikal meristem rusak atau rusak, maka tanaman tidak akan lama hidup. Hal ini dapat menjadi penting bagi tanaman hidup, jika benar apikal meristem tidak dapat mendorong biji daun ke cahaya, maka fotosintesis dapat dikurangi atau dihilangkan.

Jika pembagian akar apikal meristem tertahan, tanaman tidak akan mampu menyerap udara dan nutrisi dengan baik.

Demikian tadi adalah penjelasan mengenai meristem apikal, semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi para pembacanya, terimakasih dan sampai jumpa lagi diartikel-artikel SatuJam.com lainnya.

Tinggalkan komentar