Menelusuri Mesjid Agung Demak Lebih Dalam

Jika kamu berkunjung ke kota demak jangan lupa untuk mampir ke masjid agung demak karena Masjid Agung Demak ini  merupakan Masjid tertua di Pulau Jawa, yang  didirikan  oleh Wali Sembilan atau  orang menyebut dengan Wali Songo.

Lokasi Masjid  agung demak ini berada di pusat kota Demak, yang hanya berjarak ± 26 km dari Kota Semarang atau  ± 25 km dari Kabupaten Kudus, serta  ± 35 km jika dari Kabupaten Jepara.

Struktur bangunan  dari Masjid ini mempunyai nilai historis tersendiri dari  seni bangunan  yang memiliki arsitektur tradisional yang khas dari Indonesia. Wujud dari masjid ini sangat anggun, indah, karismatik,  megah, mempesona dan juga sangat berwibawa. Selain sebagai tempat ibadah Kini Masjid Agung Demak  juga difungsikan sebagai tempat ziarah.

Maka jika kamu melaksanakan ziarah wali jangan lupa untuk memasukkan masjid agung demak ke dalam list tempat yang perlu di kunjungi.

20150423_1029151
munamadrah.com

Raden Patah bersama dengan anggota Wali Songo  yang lainnya mendirikan masjid yang  sangat karismatik ini dengan memberi gambar serupa hewan bulus. Gambar bulus itu  terdiri atas kepala bulus yang berarti angka satu, 4 kaki yang dimiliki bulus yang berarti angka empat,dan badan bulus yang berarti angka 0 nol,serta  ekor bulus yang berarti angka satu.

Dari simbol  hewan bulus itulah  diperkirakan jika Masjid Agung Demak berdiri pada tahun 1401 Saka dan  masjid agung demak  ini didirikan pada tanggal 1 Shofar.

Soko Majapahit merupakan  tiang tiang  yang  berjumlah delapan buah dan  terletak di serambi masjid agung demak.  Benda itu merupakan benda  purbakala hadiah dari Prabu Brawijaya V Raden Kertabumi untuk diberikan kepada Raden Fattah ketika menjadi Adipati pada tahun 1475 M.

banguan masjid ini memiliki atap sirip dari kayu serta  Bangunan ini ditopang oleh 8 tiang penyangga, yang mana 4 diantaranya berhias ukiran motif Majapahit. Itulah tadi sekilas tentang masjid agung demak yang merupakan masjid peninggalan dari wali songo. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kamu dan lebih mencitai cagar budaya yang ada di Indonesia.

Tinggalkan komentar