Macam-macam Pengertian Metabolisme Adalah

METABOLISME ADALAH – Kegiatan terpadu yang berlangsung di dalam tubuh organisme yang melibatkan sejumlah reaksi besar dan masing-masing reaksinya dikatalis oleh enzim khusus. Kata metabolisme ini diambil dari bahasa Yunani yaitu (metabole) yang artinya perubahan.

Metabolisme berlangsung melalui 2 proses yaitu: Anabolisme, terjadi penyimpanan energi dan pada katabolisme, terjadi pembesaran energi. Reaksi kimia yang memerlukan energi dalam bentuk panas dinamakan reaksi endergonik (reaksi endoterm) sedangkan eksergonik (reaksi ekosterm).

Beberapa molekul yang berkaitan dengan metabolisme yaitu ATP dan enzim. Adenosine triphosphat disIngkat (ATP) merupakan molekul yang berenergi tinggi. Meski tergolong tinggi ATP mempunyai ikatan yang labil, sehingga gugus fosfatnya gampang lepas ketika hidrolis sampai membentuk adenosine diphopship (ADP).

Macam-macam Metabolisme

metabolisme adalah
hellosehat.com

Metabolisme merupakan sebuah transformasi energi dari berbagai reaksi kimia. Metabolisme ini terbagi menjadi 2 yaitu katabolisme dan anabolisme.

Pengertian katabolisme adalah reaksi pemecah senyawa kimia kompleks yang mengandung energi tinggi menjadi senyawa sederhana yang mengandung energi lebih lemah.

Pengertian anabolisme adalah suatu peristiwa perubahan senyawa sederhana menjadi senyawa kompleks, nama lain dari metabolisme adalah peristiwa sintesis.

Metabolisme Karbohidrat

Sebagian hasil dari pencernaan dan absorpsi jenis gula dan zat tepung yang ada di dalam darah sebagai glukosa. Kadar gula normal adalah 100 mg glukosa pada setiap ccm darah. Glukosa bisa segera difungsikan ke dalam cairan jaringan dan ke dalam sel, serta konsentrasi glukosa yang sama di dalam cairan tubuh.

Glukosa tersimpan di dalam hati dan otot tulang-tulang sebagai glikogen. Proses seperti ini akan memulai kegiatan insulin. Glikogen yang ada di otot dipakai sewaktu-waktu dan diisi kembali oleh glukosa darah sesuai kebutuhan.

Metabolisme Lemak

Lemak yang tidak cepat digunakan setelah diabsorpsi maka akan disimpan tubuh di dalam jaringan adipose. Apabila diperlukan makan akan dikeluarkan dari tempat penyimpanan itu dan di dalam hati diubah menjadi gliserol seta asam lemak yang merupakan bentuk paling mudah digunakan tubuh.

Metabolisme Protein

Sebagian besar asam amino dibentuk sebagai hasil pencernaan protein dan semuanya akan membentuk tempat penyimpanan (pool asam amino) tampat sel tubuh mengambil protein yang dibutuhkan .

Pada dasarnya hanya 9 jenis asam amino yang penting untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh.

Tinggalkan komentar