Minum yang Benar

Tubuh manusia terdiri 90% yang mengandung air. Itulah mengapa para ahli menganjurkan untuk minum sebanyak 8 gelas setiap hari. Minum merupakan kebutuhan vital bagi kehidupan manusia. air dalam tubuh berperan penting dalam proses pencernaan, penyerapan, transportasi nutrisi, sirkulasi, mengeluarkan zat sisa metabolisme, produksi air ludah, dan mempertahankan suhu pada tubuh.

Tahukan Anda bahwa, minum pun juga ada tekniknya. Berikut akan diulas cara-cara minum yang benar.

1. Minum dengan tangan kanan

Hal ini merupakan adat sopan santun dalam pergaulan. Seperti yang kita tahu, tangan kiri lebih sering terkena bakteri daripada tangan kanan.

2. Tidak bernafas dan meniup air minum di dalam wadah.

Bernafas atau meniup air dalam wadah dapat menyebabkan keluarnya ludah sehingga bisa memengaruhi kebersihan air minum tersebut.

3. Lakukan nafas tiga kali ketika minum. Hembusan nafasnya di luar gelas.

Beri jeda minum Anda. Hal ini untuk memberikan ruang bagi Anda bernafas sehingga poin nomor 2 di atas dapat Anda jalankan.

4. Tidak minum langsung dari teko/ceret

Kemungkinan tersedak jauh lebih besar ketika Anda minum langsung dari teko/ceret. Oleh karena itu gunakanlah gelas ketika minum.

5. Dianjurkan minum dalam keadaan duduk

Minum dalam keadaan berdiri menyebabkan air yang mengalir berjatuhan dengan keras pada dasar lambung dan menumbuknya, menjadikan lambung kendor dan menjadikan pencernaan sulit. Minum sambul berdiri dapat menimbulkan luka pada dinding lambung.

6. Menutup tempat minuman pada malam hari

Anda tidak pernah tahu, ketika tidur bisa jadi seekor cicak mendekati tempat minum Anda dan terjatuh ke dalamnya. Maka penting bagi Anda untuk menutup tempat minuman pada malam hari

Mulailah menerapkan cara minum yang benar dari sekarang. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Tinggalkan komentar