6 Manfaat Minyak Ikan Bagi Kesehatan dan Ibu Hamil

Minyak ikan atau asam lemak omega-3 adalah sebuah istilah yang disebut untuk asam lemak yang terdapat di dalam ikan biasa kamu konsumsi. Dulunya, minyak ikan hanya dapat diperoleh dengan memakan daging ikan secara langsung. Namun, sekarang karena kemajuan tekonologi, suplemen minyak ikan dibuat dan tersedia secara umum untuk masyarakat.

Nah, karena minyak ikan telah beredar secara luas kepada masyarakat, tidak sah jika kamu tidak mengetahui apa sih manfaat dari minyak ikan tersebut. Kira-kira apa saja sih manfaat dari minyak ikan ini, mau tahu? Mari disimak ya ulasan di bawah ini.

 

Melindungi Jantung dari Polusi Udara

pedulisehat.info
pedulisehat.info

Tahukah bahwa salah satu manfaat dari minyak ikan ini adalah dapat melindungi jantung dari polusi udara. Menurut studi di Amerika di tahun 2012 lalu, dari 29 orang dewasa setengah baya yang sehat mengonsumsi 3 gram minyak ikan setiap harinya selama empat minggu dan kemudian terkena udara yang tidak sehat selama dua jam.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi minyak ikan tidak memiliki adanya catatan negatif yang sama seperti mereka yang tidak mengonsumsi minyak ikan tersebut.

Peningkatan Imunitas

Menjaga Imun
myintegratedhealthclinic.ca

Omega-3 asam lemak yang berada di dalam minyak ikan dapat bermanfaat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dengan cara mempengaruhi jumlah dan aktifitas sitokin dan eicosanoid di dalam tumbuh kamu. Ada sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus di Rumah Sakit Umum Veteran Taichung, Taiwan.

Penelitian ini membuahkan hasil yang sangat positif akan manfaat ini. Hasil penelitian tersebut mengatakan bahwa tubuh tidak akan mudah terkena virus yang biasa menyerang di kala pertahanan tubuh lemah jika setiap hari mengonsumsi minyak ikan secara teratur.

Perawatan Kulit

foreveryouth.net
foreveryouth.net

Minyak ikan juga sangat bagus untuk mengatasi kondisi kulit yang kering dengan cara menjadikannya segar dan bersemangat. Hal ini tentu akan sangat berguna untuk mengobati berbagai masalah kulit seperi eksim, psoriasis, gatal, kulit kemerahan, bekas jerawat, dan ruam.

Dalam hal psoriasis, EPA yang ada di dalam minyak ikan akan membatasi pertumbuhan agan pro inflamasi dengan memproduksi asam arakidonat. Nah, kamu bisa juga mengoleskan minyak ikan di kulit untuk membantu kondisi psoriasis.

Mengatasi Diabetes

Gejala Diabetes
iran-daily.com

Pasien diabetes tipe II sangatlah rentan terhadap penyakit kardiovaskuler seperti penyakit jantung koroner, aterosklerosis, dan stroke. Nah, ternyata minyak ikan dapat membantu dalam pengobatan masalah jantung.

Hal ini diperkuat dengan penelitian yang dilakukan oleh University of Oxford yang menunjukkan bahwa minyak ikan dapat menurunkan kadar trigeliiserida pada pasien yang memiliki diabetes.

Membantu Ibu Hamil

riamirandadiary.com
riamirandadiary.com

Ternyata minyak ikan juga sangat bermanfaat juga bagi wanita hamil loh. Karena DHA alami dari minyak ikan sangat membantu perkembangan mata dan otak bayi yang sehat. Hal ini juga dapat membantu untuk menghindari kelahiran prematur, berat badan lahir rendah, dan keguguran.

Hal ini juga diyakini bahwa wanita hamil yang kurang mendapatkan asupan EPA dan DHA dalam diet akan menderita deprasi setelah melahirkan. Kenapa bisa begitu? Karena ada pengalihan sejumlah massa otak dari ibu ke anak pada tahap terakhir dalam kehamilan.

Oleh karena itu, mengonsumsi minyak ikan dapat bermanfaat, baik dari suplemen minyak ikan, tablet, kapsul, ataupun pil selama kehamilan. Namun, kamu juga harus mengetahui bahwa minyak ikan dapat diperoleh dari hati ikan, contohnya minyak ikan cod, sebaiknya jangan dikonsumsi selama kehamilan.

Membantu Mengatasi Penyakit Alzheimer

openbio.co.uk

Ada sebuah penelitian yang dilakukan di Louisiana Statae University yang mengatakan bahwa asam lemak yang sangat efektif dalam pengobatan penyakit Alzheimer. Tentu hal ini karena minyak ikan salah satu sumber terbaik asam lemak esensial, termasuk EPA dan DHA yang dapat membantu dalam mengobati penyakit Alzheimer.

8 pemikiran pada “6 Manfaat Minyak Ikan Bagi Kesehatan dan Ibu Hamil”

Tinggalkan komentar