6 Misteri Indonesia yang Belum Terpecahkan Sampai Sekarang

Semua orang di dunia percaya bahwa negeri Indonesia kaya akan sumber daya alam, budaya, bahasa dan suku bangsa. Sudah banyak umat manusia yang terpukau dengan pesonanya Indonesia.

Namun, siapa sangka, jika Indonesia menyimpan hal-hal yang misterius. Bahkan tidak seorang pun dapat memecahkan teka-tekinya.

Memang, ada beberapa yang telah terbongkar kebenarannya setelah mengalami penelitian puluhan tahun, seperti Candi Borobudur. Sementara yang lainnya masih belum juga terkuak.

Apa saja 6 hal yang menjadi misteri tak terungkap di Indonesia? Berikut ulasannya.

Ratu Boko dan Istananya

dwijayantiw.wordpress.com

Istana Ratu Boko mungkin tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Obyek wisata di kawasan Yogyakarta ini tidak pernah diketahui dengan jelas siapa pendirinya. Termasuk tentang siapa sosok Ratu Boko yang sebenarnya.

Ratu Boko sempat disebut-sebut sebagai Ratu Bilqis yang singgasananya dipindahkan oleh Nabi Sulaiman AS. Meskipun telah ada penelitian yang dilakukan, namun masih saja menimbulkan kontroversi. Artinya, hasil penelitian tetap diragukan.

Mengenai siapa Ratu Boko dan benarkah istana tersebut ada kaitannya dengan Nabi Sulaiman AS, hanyalah Tuhan Yang Mahamengetahui kebenarannya.

Dusun Karang Kenek

youtube.com

Dusun Karang Kenek memang hanya sebuah dusun biasa. Ia menjadi luar biasa lantaran penghuninya berjumlah 26 Kepala Keluarga (KK) saja. Dari tahun ke tahun hingga abad ke abad, jumlahnya tetap 26 KK.

Apabila jumlahnya melebihi 26 KK, pasti akan ada tidak kerasan atau malah sampai meninggal di sana. Jadi, jumlahnya tetap 26 KK.

Dari kejauhan, dusun tersebut terlihat seperti kawasan mati. Senyap sekali dan sangat terpencil. Terlebih lagi kawasan dusun dikelilingi pohon-pohon besar. Kalau sudah demikian, apakah kamu tertantang untuk tinggal di sana?

Batu Bleneng Tol Cipali

batualamlukulo.blogspot.com

Belakangan ini popularitas Tol Cipali menanjak dan mengalahkan Tol Cipularang. Pasalnya sejak dibangun menjadi jalan tol, terjadi peristiwa kecelakaan beruntun di lokasi yang sama. Tepatnya antara KM 90 sampai dengan KM 182.

Konon, kecelakaan yang terjadi ada hubungannya dengan Batu Bleneng yang berdiri di pinggir jalan tol. Ketinggiannya sekitar 2 meter dan berukuran besar. Batu tersebut tidak dapat dipindahkan dan dihancurkan oleh alat seberat dan sebesar apapun.

Itulah sebabnya, jalan tol terpaksa dibelokan, tidak lantas lurus menabrak Batu Bleneng. Misteri batu ini masih menjadi kontroversi banyak orang. Menurut cerita penduduk setempat, Batu Bleneng merupakan hunian makhluk halus.

Dulunya, ada orang sakti mandraguna yang meletakan batu di sana dengan tujuan mencegah mata air lahar keluar yang dapat membumihanguskan desa. Entah yang mana kebenarannya, nyatanya Batu Bleneng tetap tidak bisa dihancurkan apalagi dipindah.

Segitiga Masalembo

zulviananurul.blogspot.com

Indonesia juga punya segitiga Bermuda, namanya Masalembo. Letaknya antara Kepulauan Tengah, Kota Majene dan Pulau Bawean. Dijuluki segitiga bermudanya Indonesia karean di sana sering terjadi kecelakaan tragis dan mengerikan.

Misalnya, pada tahun 1981, kapal KM Tampomas II tenggelam. Lalu disusul banyaknya kapal laut dan pesawat udara lainnya pun karam tatkala melewati segitiga Masalembo.

Masyarakat awam percaya bahwa daerah ini diliputi aura mistis yang berasal dari para jin penghuni Masalembo. Namun, berbeda dengan tanggapan para ilmuwan yang mengatakan bahwa hal-hal yang terjadi di sana murni karena dampak alam.

Dampak alam yang dimaksud seperti, arus kencang mencapai 15 juta meterkubik per-detik, tekanan udara tinggi dan tarikan magnet yang kuat. Meskipun demikian, bukti ilmiah tidak cukup meyakinkan masyarakat.

Pasalnya, dalam dalil agama, wilayah yang berbentuk segitiga serta merupakan tempat pertemuan arus panas dan dingin, memang menjadi tempat kesenangan bangsa jin dan iblis bersemayam. Jadi, sampai sekarang pun misterinya masih terus digali.

Suku Lingon Bermata Biru

isholatethebrain.blogspot.com

Pernah membaca novel berjudul Lingon? Novel tersebut mencoba mengupas tentang siapa suku lingon sebenarnya. Konon, gadis-gadis suku Lingon sangat cantik bak bidadari.

Suku Lingon diduga merupakan bangsa Eropa yang terdampar di pedalaman Halmahera. Karena kapalnya karam, mereka pun menetap di sana dan tidak bisa melanjutkan perjalanan. Tapi, itu pun masih menjadi cerita yang kontroversial.

Suku Lingon dikenal primitif dan penganut kepercayaan animism dinamisme. Mereka juga kanibal dan memiliki ilmu sihir yang mengerikan. Itulah sebabnya, mereka diburu penduduk pesisir dan dibunuh.

Kini, Suku Lingon tidak diketahui keberadaannya. Tentang siapa orang-orang suku ini, belum ada satu pun yang bisa mengungkap misterinya.

Kota Atlantis yang Hilang

perjalananmisterius.blogspot.com

Penemuan sisa-sisa peradaban kuno berupa bangunan-bangunan megah di dasar laut Banten, menjadikan bukti baru tentang adanya kota atlantis di Indonesia. Para peneliti meyakini bahwa kota tersebut hilang diterjang tsunami maha dahsyat.

Tidak ada yang tahu pasti tentang kebenarannya. Namun, peneliti yakin bahwa kota atlantis yang dimaksud Plato adalah Indonesia. Plato pernah menyebutkan tentang adanya peradaban modern dan canggih sebelum ia lahir lalu hancur dilibas bencana alam.

Benar atau tidaknya penelitian tersebut, kota atlantis masih saja menjadi misteri. Seiring dengan itu, temuan-temuan baru pun semakin banyak dan menguatkan argumen para peneliti.

Tinggalkan komentar