Mitigasi Adalah | Arti | Contoh | Tujuan

MITIGASI ADALAH РHallo teman-teman, pada kesempatan kali ini saya sehubung penulis artikel dari website satujam.com akan menulis beberapa kata yang didalam tulisan tersebut akan membahas inti dari mitigasi. Apakah teman-teman semua sudah pernah mendengar nama mitigasi?

Sebelum kita masuk kepada pembahasan inti dari mitigasi mari kita semua untuk merenungi dan melihat lebih jauh lagi apa saja yang pernah kita lakukan didalam kehidupan sehari-hari kita yang menyebabkan kerusakan-kerusakan alam diluar sana. Memakai parfume dengan berlebihan, polusi kendaran yang begitu banyak dan masih banyak hal-hal lainnya yang mengakibatkan kerusakan pada alam.

Yang namanya bencana alam ini memang telah dijadikan sebuah takdir dari tuhan pencipta langit dan bumi beserta isinya, kita sebagai umat manusia tidak akan pernah tau kapan bencana alam tersebut akan terjadi dan menimpa kita, bisa saja ketika kita sedang makan, sedang tertidur lelap, atau sedang melakukan sebuah aktivitas.

Kita (manusia) hidup beriringan dengan alam, yakni kita dan alam ini selalu membutuhkan satu sama lain. Kita membutuhkan alam, begitu juga dengan alam yang membutuhkan kita. Umur atau usia bumi ini sudah begitu tua sekali karena bumi telah hidup lebih dahulu dari manusia yang pertama diturunkan ke bumi.

Selama usia bumi bertambah dan semakin menua, pasti akan ada beberapa perubahan-perubahan  seperti perubahan pada lapizan ozon yang sedikit demi sedikit mulai menipis, dan banyak kebakaran hutan sehingga membuat hutan-hutan semakin sedikit.

Jikalau sudah terjadinya bencana alam, siapa yang akan melakukan tanggung jawab kalau bukan diri kita sendiri. Faktor-faktor yang ditimbulkan dari bencana alam ini akan meliputi orang-orang banyak, bukan hanya beberapa orang, namun bisa juga meliputi atau mencakup jutaan jiwa.

Kali ini satujam akan membahas dan menjelaskan tentang mitigasi.

Apa itu mitigasi? Mitigasi adalah, yuk langsung saja kita simak pembahasan dibawah ini untuk dapat menjawab pertanyaan dari mitigasi.

Pengertian Mitigasi

mitigasi adalah
saptapermana.blogspot.co.id

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia arti dari mitigasi adalah mengurangi sebaris upaya dan aktivitas untuk mengurangi dan melindungi dari resiko bencana. Baik itu melewati fisik atau pun pencerahan dan peningkatan-peningkatan kemampuan dalam menghadapi ancaman-ancaman bencana (UU No.24 tahun 2007 tantang Penanggulangan Bencana).

Pada pandangannya, mitigasi ini dapat disebutkan juga sebuah usaha untuk menanggulangi dalam berbagai macam dampak-dampak pengurangan bencana. Maksudnya ialah usaha yang dikerjakan untuk mengurangi korban ketika sedang terjadinya bencana alam, entah itu harta dan benda atau korban jiwa.

Mitigasi ini harus dapat dikerjakan dan dilaksanakan di berbagai macam bencana-bencana alam, entah itu bencana yang disebabkan oleh makhluk hidup (manusia) atau bencana alam yang terjadi dengan cara alamiah. Sehingga sangat diperlukan sekali adanya persiapan-persiapan dan tahapan dalam mengerjakan mitigasi ini.

Mitigasi akan selalu berhubungan dengan yang namanya bencana, bencana sendiri juga mempunyai artian rantaian peristiwa atau kejadian yang bisa mengancam dan menggangu pada kehidupan makhluk hidup (manusia dan binatang).

Bencana alam ini dibagi menjadi dua bagian, yakni bencana alam yang terjadinya secara alamiah dan bencana alam yang terjadi karena diakibatkan oleh manusia atau diri kita sendiri.

__________________________________________

Demikianlah artikel yang membahas tentang mitigasi yang mana pembahasan ini sangat bermanfaaat untuk seluruh makhluk hidup, maka dari itu mulailah sejak dini dan dari diri sendiri untuk lebih memperdulikan lingkungan sekitar untuk tercipta atau terbentuknya rasa nyaman dan tentram. Sekian terimakasih, Semoga bermanfaat!

 

Tinggalkan komentar