22 Mitos Palsu Tentang Hewan yang Banyak Diyakini

Orang-orang Barat memiliki banyak keyakinan aneh dan keliru mengenai beberapa jenis hewan. Keyakinan atau mitos ini pun sekarang juga mulai menular ke sebagian masyarakat Indonesia seiring dengan mudahnya interaksi antar-benua melalui dunia maya.

Sebelum kamu ikut mempercayai mitos-mitos tersebut, alangkah baiknya kamu mengetahui mitos-mitos palsu yang banyak diyakini orang ini. Berikut ini adalah 22 mitos palsu seputar hewan yang banyak diyakini oleh masyarakat.

Belalang sembah betina akan membunuh belalang sembah jantan

list25.com

Hal ini memang terkadang dilakukan oleh si betina, tapi ini bukanlah kebiasaan yang normal dari belalang sembah.

Kalkun akan mati ‘tenggelam’ kalau terkena hujan

list25.com

Di Barat, mitos ini tersebar luas. Katanya, kalkun akan sangat terpesona ketika ada air turun dari langit, sehingga mereka mengadahkan kepalanya ke langit sehingga air masuk ke dalam kerongkongannya dan ia pun mati ‘tenggelam’. Ceritanya lucu, ya.

Kita tidak pernah berjauhan dari laba-laba

list25.com

Mitos ini disebarkan oleh Norman Platnick pada tahun 1995. Katanya, “laba-laba tidak akan mungkin berada lebih dari 3 meter dari posisi anda.”

Lagi-lagi di Barat, banyak orang yang mempercayai fakta palsu ini. Padahal, Norman sendiri hanya bercanda.

Anjing hanya dapat mencerna warna hitam dan putih

list25.com

Faktanya, TIDAK! Anjing juga dapat mendeteksi warna lainnya.

Buktinya, spektrum cahaya mereka juga dapat berubah menjadi biru gelap, biru terang, kuning terang dan kuning gelap yang menunjukkan indra pengelihatan mereka juga dapat mendeteksi warna.

Ikan mas hanya bisa mengingat selama 3 detik

list25.com

Jika anda menonton salah satu serial film barat, Mythbuster, maka anda akan tahu bahwa ini fakta palsu.

Burung akan meledak apabila makan nasi

list25.com

Mitos ini sungguh konyol, dan parahnya, orang-orang Barat banyak sekali yang percaya, terutama anak-anak.

Usia 1 tahunnya anjing setara dengan usia 7 tahun manusia

list25.com

Keyakinan ini kurang tepat, karena faktanya justru perkembangan anjing dalam 1 tahun justru setara dengan perkembangan manusia 17 tahun. Wow.

Tapi, tetap tidak bisa disamakan dan tidak usah dibanding-bandingkan ya, antara anjing dengan manusia. Karena setiap makhluk Tuhan sudah diciptakan sesuai kodratnya masing-masing.

Kelelawar tidak memiliki pengelihatan sempurna alias buta

list25.com

Meskipun yang paling diandalkan kelelawar dalam berburu adalah indra pendengarannya, bukan berarti ia buta. Faktanya, kelelawar dapat melihat dengan baik sampai jarak tertentu, itulah kegunaan mata yang mereka punya.

Burung unta mengubur kepalanya ke dalam pasir

list25.com

Ketika kepala mereka merendah ke tanah, sebetulnya mereka bukan sedang kesakitan atau ingin bunuh diri. Mereka hanya ingin mencari makan.

Possum (sejenis tupai) berpindah dari satu pohon ke pohon lainnya dengan menggunakan ekornya

list25.com

Meskipun mereka bisa melakukan hal tersebut, tapi tidak akan mampu bertahan lama, apalagi sampai terus-menerus karena memang bukan begitu cara bergeraknya yang normal.

Seperti tupai-tupai yang lain, possum tetap menggunakan keempat kakinya sebagai media untuk berjalan.

Anjing yang sehat adalah yang keluar cairan dari hidungnya

list25.com

Mitos ini justru terbalik 180 derajat dengan fakta yang ada. Apabila hidung anjingmu basah karena ada cairan yang keluar dari hidungnya, itu menunjukkan bahwa kesehatannya sedang terganggu. Sebaiknya, segera bawa ke dokter hewan.

Lemming (sejenis hewan pengerat) akan bunuh diri ketika bermigrasi

list25.com

Ketika mereka bermigrasi dan banyak yang mati, sebetulnya bukan karena ingin bunuh diri. Tetapi, semata-mata hanya terjatuh akibat kecelakaan.

Anggang-anggang memiliki racun yang mematikan

list25.com

Mitos ini palsu, bahkan anggang-anggang adalah binatang yang sangat rapuh. Kamu tidak perlu takut.

Apabila terkena kencing kodok dapat menumbuhkan kutil

list25.com

Mitos tentang ini sebetulnya hanyalah cara orang-orang tua agar anak-anak tidak bermain di sungai atau rawa-rawa. Faktanya, apabila terkena, kamu cukup mencuci bagian tertentu yang terkena kencing kodok.

Bayi burung tidak akan mau mendekati induknya apabila induknya sudah disentuh manusia

list25.com

Biasanya hal ini dikait-kaitkan dengan indra penciuman bayi burung yang akan menyangka bahwa induknya juga manusia karena aroma manusia sudah pernah menempel pada badan induk burung. Mitos ini hanyalah omong kosong, karena faktanya, indra penciuman burung termasuk yang paling lemah di antara hewan-hewan lainnya, apalagi untuk bayi burung.

Gajah adalah satu-satunya hewan yang tidak bisa melompat

list25.com

Memang betul gajah tidak bisa melompat, tapi apa benar gajah hanya satu-satunya? Faktanya ada hewan-hewan lain juga yang tidak bisa melompat seperti kukang, badak, jerapah dan kudanil.

Potongan cacing yang dipotong tepat pada bagian tengah bisa menjadi cacing hidup yang baru

list25.com

Mitos ini sama sekali tidak bisa dibenarkan. Karena, pada satu tubuh cacing bagian kepalanya hanya satu. Apabila kamu memotong cacing pada bagian tengah, bagian kepalanya mungkin bisa menumbuhkan ekor kembali, namun bagian ekor cacing hanya akan menjadi bangkai.

Burung hantu adalah burung yang bijaksana

list25.com

Tidak jarang kita temui beberapa produk yang (katanya) menambah kecerdasan yang menjadikan burung hantu sebagai ikonnya. Padahal faktanya, burung hantu termasuk burung yang paling bodoh. Sedangkan, burung yang bisa dibilang cukup cerdas adalah burung gagak.

Unta menyimpan air di punuknya

list25.com

Sebetulnya, isi punuknya adalah lemak yang dijadikan sebagai cadangan makanan baginya, sehingga seekor unta bisa bertahan hidup selama 3 minggu walaupun tidak diberi makanan sedikit pun.

Undur-undur suka tinggal di telinga manusia

list25.com

Meskipun undur-undur suka dengan tempat yang gelap untuk tempat bertelurnya, tapi tetap saja telinga manusia bukan termasuk habitatnya.

Lebah akan mati setelah menyengat sesuatu

list25.com

Terdapat lebih dari 20.000 spesies lebah yang berbeda. Memang benar ada satu jenis yang ia akan mati setelah menyengat sesuatu, namun, 19.999 lainnya tidak seperti itu.

Buaya adalah hewan yang lamban di daratan

list25.com

Faktanya, buaya juga bisa berlari dengan cepat di daratan. Bahkan, mungkin lebih cepat darimu. Jadi, berhati-hatilah apabila kamu melihat buaya sedang berada di daratan.

Tinggalkan komentar