Mobil Pertama Yang Dirilis Oleh BMW

Bukan rahasia umum lagi jika sebenarnya pada awal berdirinya, BMW bukanlah pabrik atau perusahaan yang memproduksi mobil. Saat itu, tahun 1918 BMW merupakan pabrik pembuat mesin pesawat terbang. Produksi pertama dari BMW ini bukanlah sebuah mobil melainkan sepeda motor, yakni pada tahun 1923.

BMW telah merilis mobil pertamanya dan diberi nama BMW 3/15 PS DA 2 Limousine Saloon pada tahun 1926. Mobil dengan kapasitas 748 cc, 15 dk/3.000 rpm 4 silinder ini memiliki kecepatan hingga 75km/jam. Setidaknya 6.600 unit BMW 3/15 telah diproduksiĀ  oleh BMW hingga tahun 1931.

Anehnya, mobil BMW 3/15 ini sebenarnya bukanlah mobil yang mutlak diproduksi oleh BMW, melainkan bermerek Austin Seven yang kemudian lisensinya dibeli oleh BMW. Sehingga mobil ini bisa disebut sebagai mobil pertama yang dirilis oleh BMW meskipun mobil ini bukanlah produksi murni dari BMW.

myautoworld.com
myautoworld.com

Meskipun demikian, interior dan mesinnya merupakan rancangan dari BMW, dan dari Austin Seven, BMW hanya menggunakan bodi mobilnya saja. Rem pada keempat roda serta interior yang sangat luxury telah menjadi teknologi yang cukup diunggulkan pada saat itu.

Sedangkan untuk penamaannya sendiri, mobil BMW 3/15 bukanlah merupakan rujukan dari seri 3 yang masih eksis hingga saat ini. Angka 3 pada seri 3 tidak lain adalah angka yang menunjukan struktur pajak kendaraan kelas menengah yang ada pada zaman ini. Hal tersebut dinyatakan oleh guide dari BMW Museum kepada Auto Bild Indonesia yang ketika itu tengah berkunjung kesana.

Tinggalkan komentar