Sejarah Mobil Pertama Daihatsu di Indonesia yang Mendunia

Daihatsu merupakan perusaahan yang memproduksi mobil tertua di Jepang. Sejarah Daihatsu pada tahun 1907 lahir dan didirikan oleh Y. Yasanuga dan M. Tsurumi di Jepang dengan nama Hatsudoki Co., Ltd.

Ketika itu perusahaan tersebut hanya memproduksi mobil dengan roda tiga berkapasitas mesin 500 cc. Mobil tersebut baru dapat diproduksi dan dipasarkan pada tahun 1930.

modelingmadness.com
modelingmadness.com

Tujuh tahun sesudahnya perusahaan tersebut membuat dan memasarkan mobil beroda empat pertama.

Berkapasitas mobil sangat kecil dan bentuk mesinnya sederhana. Pada tahun 1951, perusahaan tersebut mengganti nama menjadi Daihatsu Motor Co., Ltd.

Pada tahun tersebut juga merupakan tonggak yang mengawali produksi bermesin kapasitas diatas seribu cc dan juga mobil dengan bertenaga diesel, termasuk mobil berjenis truk.

Pada tahun 1967  Daihatsu bekerjasama dengan Toyota untuk memulai membuka pasar produk mobilnya di Eropa.

Namun kebangkrutan terjadi pada Daihatsu pada tahun 1922. Kemudian Daihatsu menjual 51% sahamnya tersebut kepada Toyota yang menjadikan Daihatsu anak perusahaan Toyota Motor Co., Ltd hingga saat ini.

wikipedia.org
wikipedia.org

Daihatsu Taruna merupakan salah satu produk yang terbanyak yang dijual oleh Daihatsu.  Produk-produk Daihatsu sangat digemari di Indonesia. Bukan karena hanya macam dan jenisnya saja, namun juga kualitas produk yang dihasilkan oleh Daihatsu memang dikenal awet dan bandel.

Daihatsu Motor Co., Ltd di Indonesia sendiri telah banyak mengeluarkan varian produk. Perusahaan tersebut sangat variatif dalam memproduksi jenis-jenis mobil baru.

Tinggalkan komentar