Momen Foto Luka Bakar dari Lahar yang Menyapu Kota Island Pahoa

Sungai dari lahar selebar 50 meter kini mengalir di lereng gunung di negara bagian Hawaii, yang menjadi ancamaan bahwa lava ini akan menghanguskan rumah-rumah yang berada di jalur sekitar lava itu mengalir. Bahkan para geolog mengatakan ujung dari depan aliran itu berjarak sekitar 70 meter dari kota Pahoa dan dapat mencapainya dalam sehari lagi.

Sekitar 1.000 penduduk di desa itu telah mengungsi dan para petinggi disana memperingatkan penduduk Pahoa bahwa aliran lahar bersuhu 2.000 derajat dari gunung Kilauea ke kota itu tampaknya “tidak terelakkan.” Pihak berwenang memberitahu ribuan lagi agar bersiap-siap mengungsi. Sedangkan di lain pihak seorang fotografer Marco Garcia berhasil mengabadikan beberapa momen foto ekstrim dari lava tersebut. Di mana letusan Gunung Kilauea Merapi ini sebelumnya telah mengeluarkan lahar panasnya sejak tahun 1983. Pada saat itu rumah dengan bebrapa ladang yang luasnya hingga ratusan hektar berhasil di lahap oleh aliran lava tersebut, tepatnya berada di kota yang sama ( Island Pahoa ) Hawaii.

Bagi Marco ini adalah suatu musibah yang sekaligus momen menakjubkan khususnya bagi para pencinta photography, karena bentuk aliran larva dari letusan gunung merapi tersebut mirip seperti luka bakar yang terus merembet ke beberapa bagian ladang dan kebun yang berada di kota tersebut.

Lava tak terduga itu terus mengalir dan bergerak menghempaskan segala apapun yang ada di depannya. “Kamu pasti tidak akan bisa membayangkan betapa dekat kita pada saat itu, pertama kali tiba, kita hanya melihat asap hitam mengepul tidak begitu jauh dari lava. Seperti luka bakar, dan menurut saya hal ini sangat menakjubkan namun harus tetap hati-hati dengan keadaan”, ucap Marco. Konon para warga disitu meyakini bahwa Gunung Berapi Kilauea ini adalah dewi dan dia mengambil kembali apa yang menjadi milik Nya. Mereka tinggal di tanah dan dia mengambil itu kembali. Mereka melihatnya sebagai bagian dari kehidupan. Konon selain tetep menjaga dan menghormati keramat Gunung Merapi itu, para masyarakat Hawai pun mempercai dengan adanya gunung tersebut bisa menjaga roh-roh leluhur nenek moyang yang dipercaya ikut menjaga masayrakat tetap baik .

Berikut adalah beberapa momen foto yang berhasil di abadikan oleh Marco Garcia sesaat setelah Gunung berapi Kilauea itu meletus.

 

Aliran Lava Gunung Kilauea Berhenti di Kota Pahoa, Hawaii

bigislandvideonews.com
bigislandvideonews.com
fitureimage.widerimage.reuters.com
fitureimage.widerimage.reuters.com
bigislandvideonews.com
bigislandvideonews.com
nbcnews.com
nbcnews.com
damontucker.com
damontucker.com
civilbeat.com
civilbeat.com
abcnews.go.com
abcnews.go.com
travelweekly.com
travelweekly.com
charlestondailymail.com
charlestondailymail.com
japantimes.co.jp
japantimes.co.jp
bigislandvideonews.com
bigislandvideonews.com
bigislandvideonews.com
bigislandvideonews.com

Itulah beberapa foto yang berhasil di abadikan oleh Marco, semoga kita bisa mengambil hikmah atas peristiwa-peristiwa yang menimpa dari berbagai musibah di belahan bumi lainnya.

Tinggalkan komentar