Anda Butuh Rekreasi yang Mendidik? Silahkan Datang ke Monumen Kapal Selam di Surabaya

Monumen kapal selam atau yang dikenal sebagai Monkasel adalah sebuah museum kapal selam yang terdapat di Kalisan, Genteng Surabaya. Monument ini sebenarnya merupakan sebuah kapal selam KRI Pasopati 410 yang merupakan Armada kapal selam Angkatan Laut Republik Indonesia buatan Uni Soviet pada tahun 1952.

Baca juga kehebatan armada kapal selam Indonesia dalam menggetarkan dunia.

Kapal selam ini pernah dilibatkan dalam tugasnya melakukan pertempuran Laut Aru untuk membebaskan wilayah Irian Barat dari kekuasaan Belanda. Kapal selam ini kemudian dibawa ke darat dan dijadikan sebuah monument untuk memperingati keberanian pahlawan Indonesia.

Baca juga artikel Indonesia akan segera miliki kapal perang canggih yang dapat menyaingi Amerika dan Rusia.

Didalam monumen Kapal selam ini juga terdapat sebuah pemutaran film dimana ditampilkan proses peperangan yang terjadi di Laut Aru. Jika kamu ke Surabaya dan ingin mengunjungi tempat itu, maka akan ditemani oleh seorang pemandu local yang berada di museum tersebut.

topwar.ru
topwar.ru

Ada cerita menarik di balik hadirnya monument kapal selam ini. Pada suatu malam, Mantan KKM KRI Pasopati 410 yang bernama pak Drajat Budiyanto bermimpi diperintahkan oleh KSAL pada waktu itu melayari Kali Mas. Dan ternyata mimpi dari pak Drjat ini menjadi kenyataan. Ia ditugaskan memajang Kapal selah tersebut disamping Surabaya Plaza.

Metode peletakan Kapal selam tersebut dengan memotong Kapal Selam ini menjadi beberapa bagian dan kemudian diangkut ke darat dan dirangkai kembali seperti kapal selam dengan wujud semula.

Untuk masuk kedalam monument kapal selam ini, kamu akan dikenai biaya sebesar sekitar delapan ribu rupiah. Selain bisa masuk, kamu juga bisa menikmati suasana pinggir pantai Kalimas yang eksotis.

Disana juga menyediakan Café bagi pengunjung yang lapar, selain itu juga ada mushola. Direkomendasikan jika kamu kesana pastikan cuaca dengan kondisi yang cerah agar lebih bisa menikmati suasana yang nyaman.

Monument tersebut dibuka pukul Sembilan pagi hingga pukul 9 malam. Namun di hari tertentu buka dan tutup bisa lebih awal. Banyak sekali hal yang menarik di Monumen Kapal selam yang berada di Surabaya ini. Jika kamu berada di Surabaya, tidak ada ruginya jika kamu mengunjungi tempat tersebut.

Bagi para pembaca yang ingin menambah wawasannya mengenai sejarah Indonesia, maka bisa membacanya di kumpulan sejarah Indonesia.

 

Tinggalkan komentar