Mudah dan Cepat Belajar Bahasa Arab

Sudah selayaknya bagi setiap muslim mempelajari bahasa Arab. Sebab, pedoman hidup umat muslim adalah Al-Quran yang menggunakan bahasa Arab. Banyak orang menganggap bahwa bahasa Arab susah dipelajari. Anggapan ini memang ada benarnya. Namun, bukan berarti kita lantas menyerah mempelajarinya.

Pada hakikatnya, setiap hal yang instan tidak akan bertahan lama. Mie instan misalnya, ia hanya menjadi pengganjal lapar. Begitu pula dengan belajar bahasa Arab, tidak bisa dilakukan secara instan. Akan tetapi, ada beberapa tips supaya Anda dapat belajar bahasa Arab dengan mudah. Berikut uraiannya.

Tahap-Tahap Belajar Bahasa Arab

  • Pertama diawali dengan Isim Dhomir (kata ganti).
  • Kedua, ringkasan Isim Dhomir (kata ganti).
  • Ketiga, Mengenal Fi’il (kata kerja), mulai dari ciri-ciri umum fi’il hingga pembagiannya.
  • Keempat, Fi’il Madhi (Past Tense).
  • Kelima, Fi’il Mudhori’ (Present & Future tense).
  • Keenam, Fi’il Amar (kata kerja perintah).
  • Ketujuh, Fi’il Nahyi (kata kerja larangan).
  • Kedelapan, Adawatul Istifham (kalimat penghubung)
  • Kesembilan, Objek fi’il berupa Isim Dhomir.
  • Kesepuluh, Kepemilikan.
  • Kesebelas, Kata Benda.
  • Keduabelas, Mencari Kata Dasar.

Metode ini disebut dengan metode sam’an. Banyak buku-buku nahwu-sharaf di pasaran yang dapat Anda gunakan untuk mempelajari bermacam-macam tata bahasa Arab di atas. Jika kesulitan, mulai saja dengan memperbanyak kosakata bahasa Arab. Nabi Adam pun dulu juga mengawali kemampuan berbahasanya dengan mengenali nama-nama benda (lihat QS.2:31).

Tips Mudah Belajar Bahasa Arab

  1. Kamus

    Sediakan kamus di rumah. Seperti yang kita ketahui bersama, kamus berisi jutaan kosakata. Anda dapat membuka kamus ketika menemui kosakata bahasa Arab yang sulit. Kamus bahasa Arab yang populer di kalangan akademisi yaitu kamus Al-Munawwir.

  2. Game

    Jika selama ini Anda bermain game dengan menggunakan bahasa Inggris, sesekali ubahlah menggunakan bahasa Arab. Hal ini akan memperkaya kosakata bahasa Arab yang Anda miliki.

  3. Film

    Anda suka nonton drama Korea atau dorama Jepang? Kalau jeli, Anda dapat menemukan subtitle-nya dalam bahasa Arab. Anda dapat menyandingkannya dengan subtitle Indonesia atau Inggris sebagai bahan belajar.

  4. Gunakan Bahasa Arab Untuk Situs Jejaring Sosial

    Situs jejaring sosial merupakan rumah” maya yang paling sering dikunjungi. Biasanya, si pemilik “rumah” diminta memilih bahasa apa yang akan digunakan. Demi kelancaran belajar bahasa Arab dengan mudah, pilih saja bahasa Arab. Semua perintah yang ada pada situs jejaring sosial tersebut akan disediakan dalam bahasa Arab dan bukan bahasa Indonesia lagi.

  5. Percakapan langsung

    Terdapat banyak bimbingan belajar yang menawarkan jasa mengajar bahasa Arab. Anda dapat mengikutinya. Di sana, Anda akan bertemu dengan banyak orang yang dapat diajak bercakap-cakap menggunakan bahasa Arab.

Selamat belajar. Semoga bermanfaat.

Satu pemikiran pada “Mudah dan Cepat Belajar Bahasa Arab”

Tinggalkan komentar