Mudah dan Cepat Belajar Bahasa Inggris

Bahasa Inggris telah ditetapkan sebagai bahasa internasional. Tidak heran, orang-orang berlomba-lomba dalam mempelajarinya. Akan tetapi, sebagian orang merasa kesulitan dalam mempelajari bahasa Inggris.

Kendalanya bermacam-macam. Ada orang yang malu atau takut salah. Ada yang merasa sulit karena antara tulisan dengan cara bacanya tidak sama. Ada pula yang mudah putus asa. Alasan-alasan seperti ini hanya akan membuat seseorang tidak dapat berkembang. Apabila Anda juga mengalami kesulitan dalam memperlajari bahasa Inggris, berikut adalah beberapa tips mudah dan cepat untuk belajar bahasa Inggris.

1. Game

Bahasa dalam game, baik online maupun tidak, biasanya menggunakan bahasa Inggris. Apabila Anda pecinta game, cobalah cermati bahasanya. Misalnya pada percakapan tokoh-tokoh, di sana terdapat berapa kosakata, idiom, dan berapa bentuk tenses. Beberapa games yang bisa dipergunakan untuk belajar bahasa Inggris dengan mudah misalnya: Travian, Ragnarok, Harvest Moon, Final Fantasy, Pokemon, dll.

2. Film

Setiap hari, film-film diproduksi. Tidak hanya film lokal tetapi juga film asing. Apabila Anda suka menonton film, jadikan hobi ini sebagai ajang untuk berlatih bahasa Inggris. Jangan menggunakan subtitle bahasa Indonesia agar efektif, tetapi pilih bahasa Inggris saja. Jika tidak mengerti bahasanya, paksakan saja atau gunakan kamus. Lama-kelamaan Anda akan terbiasa dengan subtitle bahasa Inggris. Anda akan belajar kosakata, idiom, dan juga bagaimana cara pengucapan. Coba juga untuk menonton film berbahasa Inggris tanpa subtitle. Anda akan melatih pendengaran atau speaking dengan cara ini .

3. Buku

Setiap hari, buku-buku juga diproduksi. Tidak hanya buku lokal, tetapi juga buku asing. Jika Anda suka membaca buku, cobalah untuk membaca buku yang berbahasa Inggris. Pilihan bukunya terserah Anda, bisa novel, cerpen, koran, buku nonfiksi, atau apapun.

4. Percakapan Langsung

Bahasa yang tidak digunakan akan punah. Apabila Anda tidak menggunakan percakapan bahasa Inggris dalam percakapan sehari-hari, tentu saja Anda akan kesulitan dalam memperlancar kemampuan berbahasa Inggris. Oleh karena itu, sesekali gunakan bahasa Inggris dalam percakapan. Namun, hal ini bukan berarti Anda meninggalakan bahasa ibu dan bahasa lokal.

5. Membuat Tulisan Berbahasa Inggris

Bukan hanya kemampuan lisan berbahasa Inggris, kemampuan tulis bahasa Inggris juga penting. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk terbiasa menulis dalam bahasa Inggris yaitu dengan bantuan media-media berikut.

  • Buku Harian.
    Biasakan untuk menulis catatan kecil dengan menggunakan bahasa Inggris. Anda dapat menulisnya di HP atau buku. Tidak perlu banyak, buat saja seperti status di FB atau Twitter.
  • Blog.
    Apabila Anda seorang blogger, cobalah posting tulisan dalam bahasa Inggris.
  • Artikel.
    Cobalah bergabung menjadi penulis SEO bahasa Inggris. Hal ini akan memaksa Anda untuk membuat artikel bahasa Inggris setiap hari. Andapun dapat belajar bahasa Inggris dengan mudah.
  • Cerpen.
    Cerpen atau cerita pendek tidak terlalu banyak mengumbar kata. Anda dapat melatih kemampuan menulis dalam bahasa Inggris melalui cerpen yang singkat.

6. Gunakan Bahasa Inggris untuk Situs Jejaring Sosial

Situs jejaring sosial merupakan rumah” maya yang paling sering dikunjungi. Biasanya, si pemilik “rumah” diminta memilih bahasa apa yang akan digunakan. Demi kelancaran belajar bahasa Inggris dengan mudah, pilih saja bahasa Inggris. Semua perintah yang ada pada situs jejaring sosial tersebut akan disediakan dalam bahasa Inggris dan bukan bahasa Indonesia lagi.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar