6 Tips Membeli Burung Murai Batu Medan yang Bagus

Burung murai batu medan, nama burung yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi di telinga para pecinta burung kicau. Suaranya yang lantang, tembakannya yang agresif juga ekornya yang panjang adalah daya tariknya. Bisa dibilang jenis ini adalah jenis yang paling bagus diantara murai batu lainnya. Sehingga tidak dapat dipungkiri lagi jika murai batu medan sering jadi juara di kelas kicauan bebas.

Oleh karena itulah banyak yang berhasrat ingin membeli burung murai batu medan. Namun dalam membeli burung yang satu ini juga tidak boleh asal beli, melainkan harus benar-benar dipilih yang bagus. Nah, berikut ini ada 6 tips membeli burung murai batu medan yang bagus, semoga bisa membantu.

Membedakan Burung Jantan dan Betina

mb-induk-dan-anak (omkicau.com)
omkicau.com

Jika kamu ingin membeli murai batu medan untuk indukan, pastikan kamu membeli sepasang, jantan dan betina. Pilih jantan yang warna bulunya hitam pekat, kontras dan tajam dengan ekor yang panjang. Pilih juga betina yang bulunya sedikit berwarna kalem, namun tetap kontras dan tajam dengan ekor yang lebih pendek.

Pastikan keduanya berfisik tegap dan juga mempunyai gerakan lincah, terutama saat di dekati orang asing. Itu merupakan ciri bahwa murai batu medan tersebut sehat dan kondisinya bagus.

Cermati Bentuk Paruh Murai Batu Medan

overview-about-birds-murai-batu-beautiful-enchanting- (www.number1.abatasa.co.id)
www.number1.abatasa.co.id

Pilih murai batu medan yang mempunyai paruh berpangkal lebar, tidak tipis, besar juga panjang. Pastikan juga paruh murai mempunyai sisi bawah yang lurus.

Jadi sebaiknya hindari membeli murai batu medan yang mempunyai paruh bengkok. Bila memang tidak ada yang demikian, sebaiknya cari di tempat lain atau bisa pesan pada penjualnya ciri yang seperti itu.

Perhatikan Bagian Kepala dan Badannya

gambar-murai-batu-medan-asli (kicaku.com)
kicaku.com

Selain ciri di atas, jangan lupa untuk memastikan bagian kepala dan badannya dengan teliti. Pilih murai batu medan yang berkepala kotak dengan mata bulat besar yang melotot, itu tandanya murai batu tersebut mempunyai mental tempur yang baik dan agresif.

Selain itu postur badan tengahnya berpostur panjang sejajar leher. Pastikan juga badan, kaki dan ekor yang proporsional. Jangan Membeli murai batu medan yang berleher dan berbadan pendek.

Sayap dan Cengkeramannya

640-4 (www.bursaburung.web.id)
www.bursaburung.web.id

Ciri murai batu yang bagus juga bisa diliat dari bagian sayap dan cengkeraman kakinya. Jika sayapnya bisa mengepit rapat kemudian kaki mencengkram kuat, maka burung itu termasuk kualitas yang bagus. Tanda tersebut juga menunjukkan kalau burung tersebut sehat.

Ada yang bilang warna kaki yang buruk menunjukkan mental yang lemah, pernyataan itu salah kaparah. Tidak ada pengaruh antara warna kaki dan mental burung murai batu medan. Mental bisa dilihat dari sorot mata dan juga gerak-gerik.

Lincah dan Nafsu Makan yang Besar

mb-blorok-skl (omkicau.com)
omkicau.com

Murai batu medan yang bagus memiliki ciri khas yakni lincah dan memiliki nafsu makan yang besar. Kelincahan bisa dilihat dari gerak-geriknya selama berada di sangkar, apakah sering mondar-mandir atau hanya diam saja.

Jika mondar-mandir dan terlihat agresif bila di dekati, maka burung tersebut dalam kondisi bagus. Selain itu murai batu yang bagus juga bernafsu makan besar dan lahap. karena ciri tersebut menunjukkan bahwa tingkat keagresifannya sangat tinggi.

Suara Lantang dan Kretekan yang Berulang

Burung-Murai (www.muraibaturing.com)
www.muraibaturing.com

Burung murai batu medan yang bagus memiliki suara yang lantang dan kretekan yang beulang. Biasanya semakin dewasa usia burung, makin besar pula volume suaranya. Bahkan jika memang murai batu itu berkualitas unggul, kretekannnya juga dapat berulang tanpa putus.

Namun ada sebuah catatan kecil untuk jenis murai batu medan, meski jenisnya memang unggul dibanding yang lain, bukan berarti lantas tanpa dilatih. Tetap harus sering dilatih untuk mempertajam instingnya. Baik secara agresifitas maupun suaranya yang akan bagus bila bervariasi.

Ingat, murai batu bukan burung kalem dan berwarna indah seperti burung nuri. Murai batu adalah burung kicau, kretekan dan rolnya tidak ada burung lain yang bisa menyamainya.

Tinggalkan komentar