6 Bentuk Nasionalisme yang Harus Kamu Ketahui

NASIONALISME ADALAH manifestasi kesadaran bernegara atau semangat bernegara. Jika kita ingin mengetahui bagaimana semangat bernegara itu berkembang di Indonesia, sudah sewajarnya kita harus meninjau kehidupan kenegaraan di berbagai daerah di lingkungan Indonesia dari masa sebelum kedatangan sampai sesudah bangsa Belanda di lingkungan Indonesia>

Sebelum kedatangan bangsa Belanda di lingkungan Indonesia, negara-negara sesudah dikemudikan oleh orang-orang Indonesia sendiri. Meskipun demikian, nama Indonesia belum dikenal. Wilayah negara-negara yang ada juga tidak sama dengan wilayah Indonesia sejak kedatangan bangsa Belanda.

Demikianlah, semangat nasionalisme sebagai manifestasi kesadaran bernegara tidak sama dengan nasionalisme yang tumbuh dalam dada para pejuang kemerdekaan selama zaman penjajahan Belanda. wataknya berbeda.

Bentuk-bentuk Nasionalisme

bentuk-bentuk nasionalisme
www.mazainulhasan1.sch.id

Nasionalisme yang ada di dunia ini terdiri atas berbagai bentuk, di antaranya sebagai berikut.

  1. Nasionalisme kewarganegaraan (nasionalisme sipil)
    adalah nasionalisme yang berbentuk karena negera memperoleh kebenaran politik dari partisipasi aktif rakyatnya. Keanggotaan suatu bangsa bersifat sukarela. Bentuk nasionalisme ini mula-mula dibangun oleh Jean Jazques Rousseau dan menjadi bahan tulisannya. Di antara tulisannya yang terkenal adalah buku berjudul Du Contract Social (Kontrak Sosial).
  2. Nasionalisme etnis (etnonasionalisme)
    Yaitu nasionalisme yang berbentuk karena negara memperoleh kebenaran politik dari budaya asal atau etnis sebuah masyarakat. Keanggotaan suatu bangsa bersifat turun-temurun. Misalnya, Joko bersuku Jawa karena orang tua dan nenek moyangnya berasal dari suku Jawa. Joko berbahasa Jawa karena bahasa itu dipakai oleh orang tuanya dan orang-orang sebelumnya.
  3. Nasionalisme romantik
    Adalah nasionalisme etnis yang terbentuk karena negara memperoleh kebenaran politik sebagai suatu yang alamiah (organik) dan merupakan ekspresi dari bangsa atau ras. Nasionlisme romantik menitikberatkan pada budaya etnis yang sesuai dengan idealisme romantik.
  4. Nasionalisme budaya
    Yaitu nasionalisme yang terbentuk karena negara memperoleh kebenaran politik dari budaya bersama dan tidak bersifat turun-menurun seperti warna kulit (ras) atau bahasa.
  5. Nasioanlisme kenegaraan
    Ialah variasi nasionalisme kewarganegaraan, yang sering dikombinasikan dengan nasionalisme etnis. Dalam nasionalisme kenegaraan, bangsa adalah suatu komunitas yang memberikan kontribusi terhadap pemeliharaan dan kekuatan negara.
  6. Nasionalisme agama
    Yaitu nasionalisme yang terbentuk karena negara memperoleh legitimasi politik dari persamaan agama.

Sekian pembahasan mengenai bentuk-bentuk nasionalisme. Semoga dapat bermanfaat.

Tinggalkan komentar