6 Daftar Negara dengan Biaya Hidup Paling Murah di Dunia

Impian dengan biaya hidup murah adalah dambaan setiap orang. Naik turun harga kebutuhan hidup selalu bikin perasaan tak menentu. Akan tetapi, dibalik kejamnya hidup ini, ternyata masih ada lho negara-negara di dunia yang terbilang memiliki biaya hidup murah.

Kini impian yang menjadi dambaan setiap orang itu bisa menjadi kenyataan. Pada kesempatan kali ini, kita akan menjelaskan mengenai negara-negara yang memiliki biaya hidup murah. Hal ini dinilai berdasarkan data yang dikeluarkan GoBankingRates dengan pertimbangan biaya sewa rumah, bahan makanan, dan lain sebagainya.

Nikagarua

livinginleon.wordpress.com

Negara yang terdapat di benua Amerika Selatan ini mempunyai kontur alam yang sungguh eksotis. Beberapa pantai tropis dan hutan hujan memanjakan siapapun yang tinggal di sana. Hal ini membuat kebanyakan karakter orang di negara ini penuh cinta dan sungguh romantis.

Biaya sewa rumah cukup terjangkau, yakni hanya US$70. Adapun harga makanan di sini tidak lebih dari US$5. Sungguh cukup terjangkau bukan?


Thailand

panduanwisata.id

Negara tropis ini mempunyai pantai berkelas dunia, makanan yang luar biasa, dan orangnya pun ramah. Thailand menjadi surga turis berbiaya hidup murah. Saking murahnya, sewa tempat tinggal di beberapa kota selain Bangkok bisa di bawah US$90 per bulan. Bukankah hal ini sangat terjangkau?


Kosovo

fourfourtwo.com

Negara Kasovo sendiri berada di Eropa Timur. Negara ini adalah perbatasan antara Macedonia, Albania, dan Serbia. Total populasi penduduk Kosovo sekitar 1,9 juta jiwa. Industri utama di Kosovo adalah material konstruksi dan mineral tambang.

Bahan makanan dan barang konsumsi adalah biaya paling murah di Kosovo. Jika kamu tinggal di kota Pristina yang merupakan ibukota Kosovo, maka kamu hanya memerlukan biaya sekitar US$324 perbulan. Selain itu, biaya tempat tinggal di sini juga murah. Kamu hanya perlu merogok kocek sekitar US$275 untuk apartemen satu kamar perbulannya.


Arab Saudi

kiasan.blogspot.com

Memang harga bahan makanan dan barang konsumsi di negeri ini lebih mahal jika dibandingan dengan harga bahan makanan di negara-negara lainnya. Namun, Arab Saudi bisa menjadi negara yang sangat kaya sehingga bisa membuat biaya hidup menjadi murah.

Hal ini dikarenakan negara ini memiliki sumber daya alam seperti minyak bumi yang begitu melimpah. Selain itu, industri minyak serta petrokimia di negara ini juga sangat maju.


India

iamn.org

Berbagai macam makanan terdapat di India. Bisa dibilang India merupakan salah satu surganya wisata kuliner yang dimiliki Asia. Masakan di India penuh dengan berbagai macam rempah alami. Sehingga, kamu dapat menikmati indahnya hidup ketika tinggal ditempat ini.

Untuk biaya tempat tinggal sendiri, masih banyak tempat tinggal yang cukup terjangkau. Rata-rata apartemen di sini masih kisaran sekitar US$100 setiap bulannya. Tentu hal ini lebih murah jika dibandingkan dengan harga sewa di negara lainnya.


Panama

kompak.co

Letak geografis Panama cukup strategis, yakni berada di antara samudera Atlantik dan Pasifik. Panama dikenal sebagai pelabuhan untuk perdagangan internasional.

Akan tetapi, dengan strategi di sektor perekonomian yang sangat baik, hal ini tidak menjadikan biaya hidup di Panama melonjak. Yang ada justru malah sebaliknya. Kamu dapat memperoleh sewa rumah yang cukup murah, yakni sekitar US$150.

Untuk penduduk asing yang tinggal di Panama sendiri banyak memberikan tanggapan yang positif. Salah satunya adalah di Panama merupakan tempat yang nyaman dan bisa menikmati seafood, buah segar, serta biaya hidup lainnya yang cukup murah.

Demikian sedikit informasi tentang daftar negara-negara di dunia yang memiliki biaya hidup yang murah. Semoga saja kedepannya Indonesia juga biaya hidupnya bisa kembali murah ya. Tak seperti sekarang yang biaya hidupnya cukup tinggi.


Tinggalkan komentar