Daftar Negara Terbesar di Dunia Berdasarkan Luasnya

Bumi ini memiliki luas sekitar 510 juta km² yang diantaranya terdiri dari 148.94 Juta km2 (70.9%) air dan 361.132 juta km2 (29.1%) daratan. Untuk wilayah daratan kita mengenalnya dengan 6 Benua yaitu Benua Asia, Benua Afrika, Benua Amerika, Benua Eropa, Benua Australia dan Benua Antartika. Sedangkan air (Samudra) terdiri dari 5 Samudra yakni Samudra Pasifik,  Samudra Atlantik, Samudra Hindia, Samudra Antartika (Samudra Selatan) dan Samudra Arktik.

Globe-dunia
solarviews.com

Berikut ini adalah daftar Negara terbesar di Dunia berdasarkan luas wilayahnya :

1. Negara Rusia

Rusia adalah negara yang membentang luas disebelah timur Eropa dan utara Asia. Luas wilayahnya 17.075.400 km², Rusia menjadi negara terbesar di dunia. Wilayahnya kurang lebih dua kali lipat wilayah Republik Rakyat Cina (Tiongkok; RRT), Kanada atau Amerika Serikat. Penduduknya menduduki peringkat ketujuh terbanyak di dunia setelah Tiongkok, India, Amerika Serikat, Indonesia, Brasil, dan Pakistan.

2. Negara Kanada

Secara historis Kanda dikenal sebagai Dominion of Canada, adalah negara paling utara di Amerika Utara. Luas wilayahnya sekitar 9.976.140 km2. Ibu Kota Kanada adalah Ottawa, tempat parlemen nasional dan juga tempat tinggal Gubernur Jenderal dan Perdana Menteri.

3. Negara Amerika Serikat

Luas wilayah Amerika sekitar 9,83 juta km2 dan total penduduknya sebesar 309 juta jiwa, Amerika Serikat adalah negara terbesar ke-3 atau ke-4 berdasarkan total luas wilayahnya dan terbesar ke-3 berdasarkan jumlah penduduk.

4. Negara China

Luas daratan China adalah 9.596.960 km2. Sedangkan luas airnya 27,060 km2. Republik Rakyat Cina adalah sebuah negara komunis yang terdiri dari hampir seluruh wilayah kebudayaan, sejarah, dan geografis yang dikenal sebagai China.

5. Negara Brazil

Brazil adalah negara terbesar dan paling banyak penduduknya di Amerika Selatan dengan luas wilayah 8.511.965 km2.

Tinggalkan komentar